Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tanaman Bermanfaat bagi Reproduksi Perempuan ala Dosen Itera

Kompas.com - 13/04/2021, 11:17 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi kaum perempuan, menjaga kesehatan reproduksi penting dilakukan. Namun faktanya, hal ini masih dianggap tabu dilakukan, apalagi bagi perempuan yang belum menikah.

Untuk mengedukasi pentingnya menjaga kesehatan reproduksi, tim dosen Program Studi Biologi Institut Teknologi Sumatera (Itera) mengadakakan kegiatan aksi bina kesehatan reproduksi dengan potensi tanaman obat keluarga.

Baca juga: Pakar IPB: 5 Tips Jaga Keseimbangan Air di Tubuh Saat Puasa Ramadan

Ketua PKM Prodi Biologi Fajar Islam Sitanggang mengatakan, salah satu konsentrasi Prodi Biologi adalah kajian terhadap kesehatan reproduksi masyarakat.

Hal ini dilakukan karena isu reproduksi masih sangat awam untuk dibahas oleh masyarakat. Padahal isu tersebut sangat penting bagi kalangan muda, remaja, dan dewasa.

"Banyak perempuan tidak sadar terhadap pentingnya menjaga kesehatan reproduksi. Terutama bagi ibu yang sudah hamil dan merencanakan kehamilan. Untuk itu program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan," kata Fajar seperti dikutip dari laman itera.ac.id, Selasa (13/4/2021).

Baca juga: Apa itu Bencana Hidrometeorologi dan Jenisnya? Ini Kata Dosen Itera

Manfaatkan tanaman obat keluarga

Dosen Prodi Biologi Hendry Wijayanti mengungkapkan, ada beberapa tanaman yang berpotensi sebagai tanaman obat keluarga untuk kesehatan reproduksi, yaitu:

1. Kunyit

2. Jahe

3. Sirih

4. Kumis kucing

Baca juga: Strategi Lolos Perguruan Tinggi Negeri ala Anies Baswedan

5. Asam

6. Manjakani

7. Beluntas

8. Binahong

"Keseluruhan tanaman tersebut dapat dijadikan sebagai obat herbal yang bernilai tinggi secara kualitas namun murah secara ekonomi serta dapat berkembangbiak di pekarangan rumah dengan mudah, murah, dan cepat," beber Hendry.

Baca juga: Dua Peserta Difabel Ikut UTBK di Universitas Brawijaya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com