Kompas.com - 12/04/2021, 16:41 WIB
Gubernur DKI Anies Baswedan saat menjadi pembicara dalam seminar nasional 'Pejuang PTN' yang diadakan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dan Komunitas Sevima, Senin (12/4/2021). Dok. Humas SevimaGubernur DKI Anies Baswedan saat menjadi pembicara dalam seminar nasional 'Pejuang PTN' yang diadakan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dan Komunitas Sevima, Senin (12/4/2021).
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membagikan strategi jitu lolos Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Anies Baswedan mengatakan, masuk ke PTN juga membutuhkan perjuangan dan strategi tersendiri.

Menurut dia, setiap kesuksesan pasti membutuhkan suatu pengorbanan. Tak terkecuali perjuangan masuk PTN.

Baca juga: Usia 20 Tahun, Mahasiswa ITS Ini Sudah Peroleh Gelar Sarjana

"Agar bisa mencapainya, maka harus menyiapkan strategi yang kuat," terang Anies dalam Seminar Nasional 'Pejuang PTN' yang diadakan mahasiswa Uiversitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Komunitas Sentra Vidya Utama (Sevima) secara virtual, Senin (12/4/2021).

Agar seorang siswa bisa mencapai titik kesuksesan, Anies mengungkapkan, agar calon mahasiswa bisa memanfaatkan segala hal positif yang bisa mereka lakukan. Alhasil belajar dapat dilakukan calon mahasiswa di mana saja dan kapan saja.

Tak boleh lelah belajar

Menurut Anies, calon mahasiswa tak boleh lelah belajar.

Terlebih, belajar tidak hanya sesempit menghadapi buku dan belajar materi ujian. Calon mahasiswa juga belajar berjejaring, belajar mengasah skill, dan belajar berorganisasi.

"Anda bisa memilih melakukan apa saja, tapi anda memilih untuk pembelajar. Jadilah pembelajar yang selalu memanfaatkan kesempatan belajar. Dengan mengambil kesempatan belajar, kesuksesan akan Anda temukan di kemudian hari," ungkap Anies.

Belajar juga bisa menggunakan beragam medium. Termasuk melalui fasilitas Teknologi Informasi layaknya internet dan media sosial yang saat ini sudah akrab digunakan para calon mahasiswa.

Melalui internet, lanjut Anies, calon mahasiswa bisa mendapatkan bahan ajar dan ilmu yang luar biasa banyak.

Baca juga: Dosen Undip: Berpuasa Berikan 4 Manfaat Ini bagi Kesehatan Tubuh

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X