Kompas.com - 07/04/2021, 15:00 WIB
Kampus Universitas Padjadajaran (Unpad) di Jatinangor, Kabupaten Sumedang. KOMPAS.com/RENI SUSANTIKampus Universitas Padjadajaran (Unpad) di Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

KOMPAS.com - Selain Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021, ada jalan lain yang bisa ditempuh calon mahasiswa untuk masuk Universitas Padjadjaran (Unpad) di tahun akademik 2021/2022.

Melalui laman Instagram resmi, Unpad telah memberikan tanggal penting Seleksi Masuk Unpad Program Sarjana S1 Jalur Prestasi dan Jalur Mandiri.

"Hai #pejuangunpad2021 jangan lupa save postingan padmin kali ini.. Karena ini adalah tanggal-tanggal penting buat kamu yang lagi berjuang untuk bisa masuk @universitaspadjadjaran," tulis akun Unpad, Selasa (6/4/2021).

Baca juga: Ini Biaya Kuliah di Universitas Indonesia 2021 Program S1 Reguler

Jadwal Seleksi Sarjana Jalur Prestasi

Merangkum laman resmi Unpad, proses seleksi masuk program Sarjana Jalur Prestasi Unpad akan mempertimbangkan nilai akademik dan prestasi atau penghargaan yang diperoleh siswa di bidang sains, olahraga, dan seni.

Selain itu, pendaftar juga wajib mengikuti seleksi nasional Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021 yang pendaftarannya sudah dibuka sejak 15 Maret lalu. Berikut jadwal seleksi Sarjana Jalur Prestasi

  • Pendaftaran, masa isi data dan unggah dokumen: 17 Maret - 15 April 2021
  • Pengumuman: 18 Juni 2021

Baca juga: 10 Politeknik Milik Kemenperin Buka Pendaftaran, Subsidi Biaya Kuliah

Adapun persyaratan khusus mengenai seleksi masuk program Sarjana Jalur Prestasi Unpad adalah sebagai berikut:

1. Merupakan 25% siswa terbaik di kelas reguler pada semester 1 – 5 bagi lulusan SMA/MA/ SMK (khusus pendaftar prestasi sains) yang ditunjukkan dengan rapor asli.

2. Pendaftar klaster seni bidang orkestra/seni musik/paduan suara/seni tarik suara wajib memiliki kemampuan membaca partitur yang ditunjukkan dengan sertifikat asli.

3. Memiliki prestasi minimal juara III dalam kompetisi seni, budaya, sains, olahraga, serta kompetisi lainnya yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, seperti:

  • Olimpiade sains tingkat provinsi, nasional atau internasional yang meliputi bidang: matematika, kebumian, fisika, geografi, kimia, informatika/komputer, biologi, astronomi, dan ekonomi;
  • Festival dan lomba seni siswa tingkat provinsi atau nasional;
  • Olimpiade penelitian siswa Indonesia;
  • Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI);
  • Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI);
  • National Schools Debating Championship (NSDC); dan
  • Kompetisi Olahraga Siswa Nasional

Baca juga: BCA Buka Beasiswa Penuh Kuliah Bisnis Perbankan untuk Lulusan SMA-SMK

4. Memiliki prestasi juara I di bidang seni dan olahraga di tingkat provinsi dan atau minimal juara III dalam kejuaraan tingkat nasional atau internasional. Kejuaraan merupakan kegiatan resmi yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah, pemerintah pusat atau lembaga internasional yang bereputasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X