Kompas.com - 01/04/2021, 19:35 WIB
Ilustrasi mahasiswa UPN Jogja di kampus. KOMPAS.com/ALBERTUS ADITIlustrasi mahasiswa UPN Jogja di kampus.


KOMPAS.com - Esensi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diluncurkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meliputi belajar dan praktek di luar kelas selama tiga semester.

Kegiatan tersebut juga diakui sebagai bagian dari perkuliahan dan diberi nilai sebesar 60 SKS.

Program yang terdapat dalam Kampus Merdeka dinilai bisa menjawab tantangan perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang sesuai perkembangan zaman.

Para mahasiswa bisa mengoptimalkan semua program yang ada dalam Kampus Merdeka. Sehingga bisa mendapatkan pengetahuan seluas-luasnya tidak hanya dari bangku perkuliahan.

Baca juga: BUMN Bank BRI Buka Beasiswa Penuh untuk Mahasiswa S1

Ada 4 kegiatan dalam program Kampus Merdeka yang bisa dicoba para mahasiswa. 

1. Kuliah di ITB dan ITS sekaligus

Kesempatan pertama dalam program kampus merdeka, adalah pertukaran pelajar. Pada umumnya, mahasiswa membayangkan bahwa pertukaran pelajar artinya pergi jauh bahkan keluar negeri selama beberapa tahun.

Menurut Ketua Program Kompetisi Kampus Merdeka Bagus Jati Santoso, pertukaran pelajar juga bisa dilakukan antarprogram studi maupun antarkampus. Bagus menjelaskan, saat ini kualitas perkuliahan di kampus sendiri ataupun kampus luar negeri, juga tidak kalah dengan perkuliahan di luar negeri.

"Pak Dirjen Dikti juga menyatakan bahwa pertukaran pelajar dalam negeri, masih sangat sedikit,” terang Bagus dalam dalam webinar bertajuk 'Tips Membangun Kurikulum Kampus Merdeka serta Ekuivalensinya,' yang dilaksanakan secara daring, Rabu (31/3/2021).

Baca juga: Djarum Buka Beasiswa Mahasiswa D4-S1, Tunjangan Rp 1 Juta Per Bulan

Bagus mengungkapkan, dalam praktek pertukaran pelajar, mahasiswa bisa mengambil mata kuliah apapun di jurusan lain maupun kampus lain.

Caranya pun tidak sulit, tinggal mengakses website Sasrabahu.ID lalu pilih mata kuliah dan kampus yang dia inginkan. Kampus juga sudah memfasilitasi dengan cara menambah mata kuliah pilihan dan melakukan pemetaan atas kemungkinan transfer kredit (pengakuan kegiatan sebagai nilai).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X