Kompas.com - 26/03/2021, 12:34 WIB

KOMPAS.com - Pertamina Foundation melalui program PFprestasi, kembali membuka beragam program di tahun 2021, meliputi beasiswa S1 Reguler, Beasiswa S1 Afirmasi Daerah Operasi dan Beasiswa Vokasi untuk diploma.

Pendaftaran beasiswa yang ditujukan untuk mahasiswa S1 serta Diploma ini akan dibuka serentak pada 29 Maret 2021 di seluruh kampus mitra wilayah area bisnis Pertamina.

Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari, menjelaskan bahwa beasiswa ini menjadi bentuk komitmen Pertamina untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia yang tidak hanya unggul, tangguh, dan cerdas, tetapi juga memiliki jiwa sosial yang tinggi.

Baca juga: Djarum Buka Beasiswa Mahasiswa D4-S1, Tunjangan Rp 1 Juta Per Bulan

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi menjadi salah satu program ikonik dan juga kekuatan Pertamina Foundation untuk menghasilkan young leaders yang bisa membawa kebanggaan, tidak hanya untuk Pertamina Foundation dan Pertamina, tetapi juga bagi masyarakat dan lingkungan. Jadi, kita akan memberikan capacity building dan pembekalan yang tepat untuk mereka," tambah Agus dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (24/3/2021).

Sobat Bumi, lanjut dia, menjadi jargon sekaligus nama beasiswa dengan harapan besar agar penerima beasiswa memiliki karakter ramah lingkungan dan aktif dalam berbagai gerakan sosial.

Sejak awal dibukanya pada tahun 2011, telah terdapat 2.547 penerima beasiswa yang juga tergabung dalam Komunitas Sobat Bumi Indonesia dengan jaringan tersebar dari Sumatera hingga Papua.

Baca juga: Binus Education Expo 2021, Bantu Calon Mahasiswa Pilih Jurusan hingga Beasiswa

Cakupan beasiswa

Komponen bantuan beasiswa yang diberikan meliputi:

1. Bantuan biaya pendidikan merupakan bantuan untuk pembayaran Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) Perguruan Tinggi termasuk pembayaran praktikum, buku dan pembinaan mahasiswa lainnya per-Semester.

2. Bantuan biaya hidup, merupakan bantuan pendukung untuk kegiatan pendidikan. Pemberian bantuan biaya hidup melekat dengan bantuan biaya pendidikan. Dalam hal mahasiswa/ mahasiswi mengajukan cuti kuliah sehingga tidak mendapatkan pembiayaan beasiswa pendidikan maka biaya hidup juga akan dihentikan sampai mahasiswa menyelesaikan cutinya. Bantuan biaya hidup diberikan flat per bulan.

3. Bantuan kegiatan Aksi Sobat Bumi. Penerima beasiswa diwajibkan untuk aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial, pelestarian lingkungan dan berkontribusi positif terhadap perbaikan lingkungan sekitar. Diberikan bantuan yang bersifat stimulan dengan besaran disesuaikan kemampuan Pertamina Foundation untuk kegiatan green living dan environmental sustainability yang dapat dilakukan secara perseorangan maupun berkelompok.

Baca juga: KIP Kuliah untuk SBMPTN 2021: Cara Daftar dan Besar Dana Bantuan

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.