Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buku 365 Aktivitas, Isi Kegiatan Anak di Rumah dengan Menyenangkan

Kompas.com - 10/03/2021, 10:00 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

Oleh: Damar Sasongko | Editor: Bhuana Ilmu Populer

KOMPAS.com - Sejak Covid-19 menjadi pandemi dan merebak di seluruh dunia, masyarakat harus beradaptasi dengan kebiasaan baru. Salah satunya membatasi kegiatan di luar rumah dan bertemu dengan banyak orang.

Hal ini tentu tidak mudah, apalagi bagi orangtua yang punya anak kecil di rumah. Mereka harus memberi pengertian kepada si kecil agar tetap nyaman berada di rumah. Merasa bosan? Hal itu pasti dirasakan oleh putra putri di rumah.

Tapi bagi orangtua yang kreatif, pasti punya 1.001 cara agar anak-anaknya tetap merasa bahagia tapi juga menambah wawasan mereka meski di rumah saja.

Baca juga: Cair 11-15 Maret, Ini Cara Daftar Kuota Internet Gratis Kemendikbud

Salah satu cara untuk mengatasi kebosanan adalah dengan buku aktivitas. Melalui buku aktivitas, anak bisa belajar sekaligus bermain. Dengan menggunakan buku aktivitas yang penuh gambar dan warna akan menarik minat anak.

Aktivitas seperti mewarnai, menarik garis, mencari perbedaan, menggambar, bahkan menggunting tempel amat berguna bagi anak dalam masa pertumbuhan.

Ada banyak manfaat positif buku aktivitas bagi anak, antara lain:

1. Melatih kemampuan berbahasa anak

Anak akan mulai berceloteh dan mulai berbicara dengan lancar jika banyak diberi stimulus. Kemampuan berkomunikasi ini harus dilatih sejak anak usia dini.

Baca juga: Ragam Buku Minggu Ini: Belajar Kelola Bisnis dan Investasi dari Nol

Melalui buku aktivitas dapat membantu anak dalam berkenalan dengan lingkungan sekitarnya. Melalui nama-nama benda, hewan, tanaman, alat transportasi, dan lain sebagainya.

Dengan mengenalkan nama-nama benda di sekitar, anak secara tidak langsung akan mempelajari kata dan makna. Kemudian orangtua dapat menuntun anak dalam mengucapkan kata-kata dalam buku dengan benar.

2. Melatih kemampuan matematis

Anak akan mengenal konsep angka, mulai dari bilangan terkecil hingga terbesar, ukuran, berhitung, menjumlahkan, dan mengurangkan. Dengan materi yang menyenangkan, anak secara tidak sadar sedang mengasah kemampuan matematisnya.

3. Melatih kemampuan motorik halus

Kemampuan motorik halus ini amat penting bagi anak dalam melakukan aktivitasnya. Kemampuan motorik halus berkaitan dengan kemampuan anak dalam mengkoordinasikan tangannya.

Baca juga: Trik 5M dan MSS, Bantu Dosen Tingkatkan Kemampuan Menulis

Dengan melatih motorik halus, anak akan semakin mudah dalam memegang, menulis, menggambar, dan mewarnai.

4. Melatih kreativitas anak

Tingkat kreativitas anak akan terus dilatih dengan memecahkan masalah yang tersedia dalam buku. Hal itu dapat dilatih dengan hal-hal sederhana. Seperti mewarnai, menggambar, mengarang, dan berkreasi dengan alat dan benda di sekitar mereka.

Buku aktivitas yang lengkap untuk menemani kegiatan anak di rumah sepanjang tahun, bisa ditemukan dalam Buku 365 Aktivitas Kreatif Sepanjang Tahun dan 365 Aktivitas Seru Sepanjang Tahun.

Baca juga: A Man & His Cat: Ceritakan Kehangatan Kucing dan Majikannya

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com