Kompas.com - 10/03/2021, 10:00 WIB
Buku 365 Aktivitas Kreatif Sepanjang Tahun bisa dimanfaatkan para orangtua agar buah hati di rumah tetap bisa melakukan kegiatan yang menyenangkan. Dokumen Editor Bhuana Ilmu PopulerBuku 365 Aktivitas Kreatif Sepanjang Tahun bisa dimanfaatkan para orangtua agar buah hati di rumah tetap bisa melakukan kegiatan yang menyenangkan.

Oleh: Damar Sasongko | Editor: Bhuana Ilmu Populer

KOMPAS.com - Sejak Covid-19 menjadi pandemi dan merebak di seluruh dunia, masyarakat harus beradaptasi dengan kebiasaan baru. Salah satunya membatasi kegiatan di luar rumah dan bertemu dengan banyak orang.

Hal ini tentu tidak mudah, apalagi bagi orangtua yang punya anak kecil di rumah. Mereka harus memberi pengertian kepada si kecil agar tetap nyaman berada di rumah. Merasa bosan? Hal itu pasti dirasakan oleh putra putri di rumah.

Tapi bagi orangtua yang kreatif, pasti punya 1.001 cara agar anak-anaknya tetap merasa bahagia tapi juga menambah wawasan mereka meski di rumah saja.

Baca juga: Cair 11-15 Maret, Ini Cara Daftar Kuota Internet Gratis Kemendikbud

Salah satu cara untuk mengatasi kebosanan adalah dengan buku aktivitas. Melalui buku aktivitas, anak bisa belajar sekaligus bermain. Dengan menggunakan buku aktivitas yang penuh gambar dan warna akan menarik minat anak.

Aktivitas seperti mewarnai, menarik garis, mencari perbedaan, menggambar, bahkan menggunting tempel amat berguna bagi anak dalam masa pertumbuhan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada banyak manfaat positif buku aktivitas bagi anak, antara lain:

1. Melatih kemampuan berbahasa anak

Anak akan mulai berceloteh dan mulai berbicara dengan lancar jika banyak diberi stimulus. Kemampuan berkomunikasi ini harus dilatih sejak anak usia dini.

Baca juga: Ragam Buku Minggu Ini: Belajar Kelola Bisnis dan Investasi dari Nol

Melalui buku aktivitas dapat membantu anak dalam berkenalan dengan lingkungan sekitarnya. Melalui nama-nama benda, hewan, tanaman, alat transportasi, dan lain sebagainya.

Dengan mengenalkan nama-nama benda di sekitar, anak secara tidak langsung akan mempelajari kata dan makna. Kemudian orangtua dapat menuntun anak dalam mengucapkan kata-kata dalam buku dengan benar.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.