Kompas.com - 04/03/2021, 15:25 WIB
Ilustrasi wisudawan IPB University. DOK.Laman IPBIlustrasi wisudawan IPB University.

KOMPAS.com - IPB University berhasil menempati peringkat ke-62 dalam pemeringkatan Dunia QS WUR by Subject 2021 untuk bidang Agriculture and Forestry (Pertanian dan Kehutanan).

Peringkat tersebut membuat IPB menjadi perguruan tinggi terbaik di Asia tenggara Bidang Pertanian dan Kehutanan serta unggul dari lima perguruan tinggi lainnya.

Sementara itu, di tingkat Asia, IPB menempati peringkat ke-10 untuk bidang yang sama.

"Cita-cita kami gantung di depan mata kami. Harapan dan doa kami tanam dalam hati kami. Kerja keras kami bawa dalam genggaman tangan kami. Takdir kami serahkan pada-Nya, karena yang terbaik berasal dari pencipta kami. Terima kasih kami ucapkan kepada semua yang telah berjuang. Ini bukan akhir melainkan awal perjuangan baru!" tulis akun Instagram IPB University, Kamis (4/3/2021).

Baca juga: Kemendikbud Buka Lowongan Magang Mahasiswa, Ini Posisi dan Syarat

Pemeringkatan QS WUR berdasarkan bidang keilmuan diadakan setiap tahun untuk membantu masyarakat mengenali universitas terkemuka di berbagai negara sesuai dengan rumpun atau bidang ilmu tertentu, termasuk mencari tahu universitas terbaik di Indonesia sesuai bidang ilmu.

Kutipan penelitian, hasil survei global utama terhadap keterserapan kerja dan akademisi digunakan untuk menentukan peringkat universitas.

QS WUR merupakan satu-satunya lembaga pemeringkatan universitas internasional yang telah menerima persetujuan dari International Ranking Expert Group (IREG) dan dipandang sebagai salah satu sumber yang paling banyak dibaca.

Berikut 5 perguruan tinggi terbaik Asia Tenggara Bidang Pertanian dan Kehutanan QS WUR by Subject 2021:

Baca juga: Djarum Buka Beasiswa Mahasiswa D4-S1, Tunjangan Rp 1 Juta Per Bulan

1. IPB University, Indonesia

2. Kasetsart University, Thailand

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X