Kompas.com - 01/03/2021, 19:43 WIB
Mendikbud memaparkan bantuan kuota gratis 2021. Webinar KemendikbudMendikbud memaparkan bantuan kuota gratis 2021.

KOMPAS.com - Pengumuman Bantuan Kuota Gratis 2021 yang disampaikan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim disambut hangat oleh tenaga pendidik dan siswa.

Bantuan Kuota Gratis 2021 ini sangat membantu baik pelajar, mahasiswa, tenaga pendidik bahkan orangtua dalam menjalani pembelajaran jarak jauh yang saat ini masih diberlakukan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyampaikan, pihaknya terus melakukan evaluasi berbagai sisi, survei dan riset apa yang dibutuhkan masyarakat selama menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Sehingga dalam bantuan kuota gratis 2021 ini, kuota umum yang diberikan jauh lebih besar dibandingkan bantuan kuota gratis yang diberikan pada tahun 2020.

Baca juga: Belum Dapat Kuota Gratis Kemendikbud? Ini Cara Daftar dan Syaratnya

Nadiem mengungkapkan, semua yang menerima bantuan kuota pada bulan November-Desember 2020 dan nomornya aktif akan otomatis menerima bantuan kuota pada bulan Maret 2021. Namun hal ini tidak berlaku bagi yang total penggunaan internet kurang dari 1 GB.

Fleksibilitas kuota internet

Dalam Bantuan Kuota Gratis 2021 ini, pemimpin satuan pendidikan juga tidak perlu mengunggah Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPT JM) lagi untuk yang sudah menerima bantuan pada bulan November-Desember 2020.

"Kami mendengar banyak sekali masukan dari masyarakat untuk meningkatkan fleksibilitas penggunaan kuota internet. Bantuan kuota internet 2021 ini lebih kecil tapi semuanya kuota umum yang bisa mengakses semua laman dan aplikasi. Kecuali aplikasi permainan dan medsos," tutur Nadiem Makarim dalam siaran langsung di akun Youtube Kemendikbud, Senin (1/3/2021).

Baca juga: Targetkan 17,9 Juta Siswa, Ini Cara Daftar KIP Sekolah SD-SMA 2021

Nadiem menambahkan, Youtube juga masuk dalam penggunaan bantuan kuota karena pembelajaran banyak sekali yang bersumber dari Youtube.

Staf Kominfo SMAN 3 Yogyakarta Rudi Hartanto menyambut baik pengumuman dari Mendikbud. Menurut Rudi, dengan bantuan kuota internet ini tentu membantu siswa mengikuti PJJ dan ujian yang membutuhkan kuota internet cukup besar.

Siswa harus bijak mengakses internet

Rudi juga menyoroti sistem bantuan yang diberikan tidak lagi dibagi menjadi kuota utama dan kuota edukasi. Namun hanya kuota umum saja yang bisa mengakses seluruh laman dan aplikasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X