Kompas.com - 01/03/2021, 17:58 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim memberikan keterangan pers terkait vaksinasi guru, tenaga pendidik, dan dosen di SMAN 70, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Rabu (24/2/2021) siang. KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJOMenteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim memberikan keterangan pers terkait vaksinasi guru, tenaga pendidik, dan dosen di SMAN 70, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Rabu (24/2/2021) siang.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali memberikan kuota gratis kepada siswa, guru, mahasiswa, dan dosen. Pemberian kuota gratis akan berjalan di Maret-Mei 2021.

Bantuan kuota gratis internet akan disalurkan pada tanggal 11-15 setiap bulan dan berlaku selama 30 hari sejak kuota gratis diterima.

Baca juga: Mendikbud Resmi Luncurkan Kuota Gratis 2021, Ini Rinciannya

Meski ada pemberian kuota gratis, tapi ada hal kurang yang menggembirakan. Karena, kuota gratis yang diperoleh lebih sedikit.

Menurut Mendikbud Nadiem Makarim, kuota gratis di tahun ini memang lebih kecil, karena tidak ada lagi kuota belajar, hanya kuota umum saja.

Dengan kuota umum, maka bisa lebih fleksibel menggunakannya. Tidak seperti yang terjadi di tahun sebelumnya.

"Kita mengurangi jumlah giganya (kuota gratis), tapi bisa digunakan jauh lebih banyak untuk penggunanya dengan kuota umum. Jadi bisa lebih untuk melakukan Google apapun," ungkap dia secara daring, Senin (1/3/2021).

Bahkan dengan kuota umum ini tidak bisa digunakan untuk mengakses aplikasi Instagram, Facebook, dan TikTok.

"Semua bisa digunakan, bisa YouTube di luar Instagram, Facebook, dan TikTok. Hampir semua bisa digunakan dari kuota gratis ini," ucap dia.

Baca juga: Didesak Masyarakat, Mendikbud Perbesar Kuota Umum

Kuota gratis itu juga tidak bisa digunakan untuk membuka aplikasi game dan situs yang telah diblokir oleh Kemenkominfo.

"Untuk aplikasi Zoom dan YouTube bisa digunakan. Yang benar-benar kita kecualikan itu untuk entertainment. Jadi yang tidak ada hubungannya dengan pendidikan tidak bisa digunakan," jelas dia.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X