Kompas.com - 05/02/2021, 06:31 WIB
Presiden Jokowi membuka Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) yang akan digelar 31 Oktober hingga 30 November 2020. DOK. KEMENDIKBUDPresiden Jokowi membuka Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) yang akan digelar 31 Oktober hingga 30 November 2020.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini Universitas Indonesia (UI) mampu menghasilkan talenta unggul untuk generasi masa depan yang berjiwa Pancasila.

"UI juga mampu menjadi teladan dalam menjalankan transformasi dan reformasi bangsa," ucap Jokowi di acara peringatan Dies Natalis ke-71 UI, seperti melansir laman UI, Jumat (5/2/2021).

Baca juga: Jokowi: Indonesia Butuh Talenta Lulusan UGM

Jokowi pun menyatakan, UI bisa mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) yang kontributif dan aplikatif, serta dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia.

"Semoga Dies Natalis ke-71 UI bisa memberikan semangat dan motivasi kuat UI untuk ikut hadir memecahkan permasalahan bangsa," ungkap Jokowi.

Jokowi mengaku banyak pelajaran yang diperoleh di 2020. Karena, memaksa orang bekerja melampaui batasan dan membuktikan Indonesia tangguh menghadapi setiap tantangan.

Untuk itu, dia mengajak semua pihak untuk bangkit dengan penuh optimisme dan penuh harapan.

Lalu, terus berupaya keras untuk menyelesaikan tantangan yang saat ini sedang dihadapi.

"Berusaha keras untuk memulihkan ekonomi sembari terus berlari menghadapi disrupsi teknologi. Strategi baru harus diciptakan," sebut dia.

Lulusan UI berkiprah di seluruh negeri

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mendorong UI selalu menjadi pembawa panji pendidikan di Indonesia.

Nadiem juga mengapresiasi ratusan ribu lulusan UI yang telah berkiprah di seluruh penjuru negeri dan mancanegara.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Intip 20 Prodi Soshum Paling Ketat di SNMPTN UI 2020

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X