Kompas.com - 04/02/2021, 20:55 WIB
Perpustakaan Nasional RI melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), pada Kamis, (4/2/2021). Penandatanganan dilakukan langsung oleh Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando dan Ketua STIK Irjen Pol Yazid Fanani. DOK. PERPUSNASPerpustakaan Nasional RI melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), pada Kamis, (4/2/2021). Penandatanganan dilakukan langsung oleh Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando dan Ketua STIK Irjen Pol Yazid Fanani.

KOMPAS.com - Perpustakaan Nasional dan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) menjalin kerja sama penguatan literasi Polri yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman yang diadakan pada Kamis, (4/2/2021).

Penandatanganan dilakukan langsung Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando dan Ketua STIK Irjen Pol Yazid Fanani. Selain penandatanganan, pada kesempatan tersebut diluncurkan e-library STIK dan webinar penguatan budaya literasi.

Melalui kerja sama antar kedua instansi tersebut, para mahasiswa, sivitas akademika STIK, seluruh anggota Polri, hingga masyarakat umum dimudahkan dalam mencari referensi, bacaan, dan tulisan ilmiah di perpustakaan digital atau e-library STIK maupun Perpusnas.

"Siapapun termasuk anggota Polri bisa memanfaatkan koleksi buku yang ada di iPusnas, tanpa perlu menjadi anggota untuk membaca buku full text. Dan ada 3-4 miliar artikel yang hanya bisa diakses jika sudah jadi angota (member) Perpusnas secara online," jelas Syarif.

Ia menambahkan, "seluruh mahasiwa STIK bisa menggunakan di menu e-Resources pada website perpusnas.go.id. Tinggal pilih mau baca jurnal atau e-book."

Baca juga: Komisi X Gelar RDP dengan Sejumlah Kementerian, Bahas Program Literasi Nasional

Transformasi SDM Polri

Dalam kesempatan sama, Ketua STIK Irjen. Pol. Yazid Fanani mengatakan kerja sama ini sesuai dengan kebijakan Kapolri, yakni melakukan transformasi menuju Polri yang presisi, khususnya transformasi organisasi menjadikan sumber daya manusia unggul.

“Kami antusias dengan kerja sama ini karena sangat menguntungkan STIK dan seluruh jajaran kepolisian yang ada di Polda, Polres, sampai ke Polsek,” jelas Irjen Pol Yazid singkat.

Irjen Pol Yazid Fanani menambahkan kehadiran perpustakaan digital dinilai sangat penting perannya untuk mendukung proses pembelajaran jarak jauh di tengah kondisi pandemi Covid-19 di mana mengharuskan para peserta didik dan mahasiswa belajar dari rumah.

Ada lima ruang lingkup kerja sama Perpusnas dengan STIK, antara lain pengembangan sumber daya perpustakaan, pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di bidang Perpusdokinfo dan perluasan jejaring perpustakaan.

Selain itu dilakukan pula pengembangan dan pemanfaatan bersama koleksi perpustakaan; pertemuan ilmiah, penelitian dan publikasi bersama dalam bidang perpustakaan, serta penghimpunan dan pelestarian Karya Cetak Karya Rekam (KCKR).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X