Kompas.com - 03/02/2021, 15:51 WIB
Menteri Riset dan Teknologi Bambang PS Brodjonegoro bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat mengunjungi Stasiun Pasar Senen guna meninjau uji coba penerapan alat skrining Covid-19 GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen, (3/2/2021).
DOK.KemenristekMenteri Riset dan Teknologi Bambang PS Brodjonegoro bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat mengunjungi Stasiun Pasar Senen guna meninjau uji coba penerapan alat skrining Covid-19 GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen, (3/2/2021).
|

KOMPAS.com - Untuk mencegah penyebaran Covid-19, masyarakat yang hendak bepergian menggunakan alat transportasi umum harus membawa sejumlah persyaratan.

Salah satunya surat keterangan sehat dan tidak terpapar Covid-19. Syarat itu bisa berupa keterangan rapid test, swab antigen hingga swab PCR.

Alat screening temuan Universitas Gadjah Mada (UGM) GeNose C19 saat ini terus dikembangkan.

Salah satunya dimanfaatkan untuk memperlancar perjalanan calon penumpang transportasi umum. Bahkan alat ini sudah diujicobakan sebagai syarat perjalanan kereta api jarak jauh.

Baca juga: GeNose Dijual di Situs Online? UGM Imbau Masyarakat Waspada

GeNose jadi alat screening kereta api jarak jauh

Saat mengunjungi Stasiun Pasar Senen, Rabu (3/2/2021) guna meninjau uji coba penerapan GeNose C19, Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) sekaligus Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro menerangkan, adanya GeNose C19 ini diharapkan bisa memperlancar perjalanan calon penumpang.

Selain itu pada saat yang sama juga mampu menjaga keamanan penumpang dari kemungkinan paparan Covid-19.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Penggunaan GeNose ini nyaman, mudah, murah, dan cepat. Kami harapkan GeNose bisa bermanfaat, di satu sisi menjaga protokol kesehatan 3M dan di sisi lain juga mulai mendorong adanya pemulihan ekonomi," jelas Bambang.

Bambang juga sangat mengapresiasi Kementerian Perhubungan yang sudah ikut serta memberikan dukungan dalam pemakaian hasil inovasi anak bangsa dalam upaya bersama menangani pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Apresiasi kepada Pak Menhub dan Kementerian Perhubungan yang sudah memberikan dukungan pemakaian GeNose yang dilakukan pertama kali di Stasiun Pasar Senen ini," urai Menristek.

Baca juga: GeNose dan cePAD Bisa Jadi Andalan RI untuk Test Covid 19

Jika uji coba ini berhasil, lanjut Bambang, kedepan penggunaan GeNose bisa lebih luas. "Pemakaian bertahap sembari menyempurnakan sistem dan prosedurnya," imbuhnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X