Kompas.com - 03/02/2021, 12:44 WIB
Mengenal GeNose KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoMengenal GeNose
|

KOMPAS.com - Salah satu inovasi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) GeNose C19 saat ini sedang hangat diperbincangkan di tengah masyarakat.

Hal ini karena alat screening atau pendeteksi awal Covid-19 GeNose dinilai lebih cepat dan akurat. Bahkan, hanya butuh waktu 3 menit seseorang bisa terdeteksi apakah negatif atau positif Covid-19.

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Prof Bambang Brodjonegoro juga mengapresiasi hasil karya anak bangsa tersebut.

Saat melakukan kunjungan kerja ke Stasiun Pasar Senen pada Rabu (3/2/2021) dalam rangka pemberlakuan layanan GeNose C19, Menristek menyatakan bahwa GeNose mampu melakukan 100.000 kali tes screening.

Baca juga: Efektifkah GeNose di Stasiun KA? Simak Penjelasan Pembuat dan Epidemiolog UGM

GeNose sebagai alat screening

Adapun GeNose memiliki tingkat akurasi 93-95 persen dengan sensitivitas 89-92 persen dan spesifitas 95-96 persen.

Bahkan, alat screening ini mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC) yang terkandung dalam embusan napas seseorang dan alat ini mampu mendeteksi seseorang yang baru dua hari terpapar Covid-19.

Adapun tes PCR atau rapid test antigen belum mampu mendeteksi pada periode yang sama.

"Namun, perlu ditegaskan sekali lagi bahwa GeNose ini digunakan sebagai alat penyaringan (screening) atau pemeriksaan utama, bukan sebagai alat Gold Standard untuk diagnosis Covid-19 seperti swab PCR," ujar Menteri Bambang dalam keterangan tertulisnya.

"Oleh karena itu, jika hasil tes screening GeNose seseorang positif, perlu dilakukan tes PCR untuk memastikan apakah seseorang itu terjangkit atau tidak agar hasil tes PCR lebih akurat," imbuhnya.

Dijual lewat distributor PT Swayasa Prakarsa

Selain Menristek, hadir pula Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang juga ikut melakukan kunjungan kerja ke Stasiun Pasar Senen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X