Kompas.com - 03/02/2021, 14:15 WIB
Pose Arif untuk Forbes DOK.laman ITSPose Arif untuk Forbes

KOMPAS.com- Salah satu anak bangsa, terpilih masuk ke dalam daftar Forbes 30 Under 30.

Sosok tersebut, adalah Muhammad Arif Susanto. Terpilihnya Arif, dikarenakan idenya yang kreatif

Ia mengolah kardus bekas menjadi furnitur dan dekorasi rumah, pameran, dan lain sebagainya.

Co-founder dari Dusdukduk ini, mampu membawa produk ciptaannya melanglang buana dan meraih deretan penghargaan sebagai salah satu inovasi produk ramah lingkungan yang dapat bersaing dengan produk bermaterial konvensional.

Awal mulanya, ia mendapat email pada awal tahun. Arif bercerita bahwa dirinya sempat menganggap e-mail dari Forbes yang ia dapat saat itu adalah spam atau penipuan.

Baca juga: Usia 25 Tahun, Mahasiswa Ini Raih Gelar Doktor Tercepat-Termuda FTUI

"Saya pikir itu hanya e-mail spam atau tidak asli sampai saat itu saya mendapat telepon langsung dari pihak Forbes,” ungkapnya dilansir dari laman its.ac.id

Ia mengatakan, predikat tersebut sangatlah sulit dicapai karena ada banyak tokoh-tokoh muda inspiratif di Indonesia.

Sebagai informasi, Arif dikenal dari usahanya mengolah kardus bekas menjadi produk interior rumahan hingga interior pameran.

Dengan nama usahanya yakni Dusdukduk, Arif telah dipercaya banyak instansi pemerintah hingga brand ternama seperti Honda dan H&M untuk menciptakan interior, instalasi berbahan kardus bekas.

Baca juga: Bukan Lulusan IT, Guru Les Ini Sukses Alih Profesi Jadi Data Engineer

Arif menceritakan, awal mula Dusdukduk lahir dari salah satu sudut kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), yakni di Departemen Desain Produk Industri (Despro) ITS.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X