Kompas.com - 02/02/2021, 15:04 WIB
Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Dok. UPIUniversitas Pendidikan Indonesia (UPI)

KOMPAS.com - Kuliah yang dilakukan secara daring selama pandemi Covid-19 kerap menimbulkan banyak keterbatasan dalam pembelajaran, seperti sulitnya menampilkan proses simulasi dan atau demonstrasi untuk materi perkuliahan tertentu.

Untuk mengatasi hambatan tersebut, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) merintis inovasi baru “Pembelajaran Luring Moda Broadcasting."

Melansir laman resmi UPI, pembelajaran Luring Moda Broadcasting (PLMB) merupakan pembelajaran tatap muka yang dilaksanakan di kelas seperti biasa tetapi disiarkan melalui aplikasi tertentu secara luas melalui jaringan internet.

Baca juga: Universitas Indonesia Buka 14 Prodi Baru di 2021, Ini Daftarnya

PLMB yang dirintis ini menawarkan dua pilihan, yaitu pembelajaran untuk Kelas Kecil dan Kelas Besar.

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)Dok. UPI Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Pada pembelajaran Kelas Kecil, proses mengajar dosen akan di-shooting dan di-broadcasting hanya pada satu kelas secara synchronous melalui aplikasi video converence, seperti yang biasa dilakukan pada penggunaan zoom meeting.

Sementara, pada pembelajaran Kelas Besar proses mengajar dosen di-shooting dan di-broadcasting untuk kelas yang lebih banyak secara paralel dan synchronous dengan menggunakan aplikasi streaming tertentu.

Baca juga: Targetkan 1 Juta Mahasiswa di 2021, Ini Ragam Manfaat KIP Kuliah

Selain dapat mengatasi keterbatasan yang terjadi pada perkuliahan daring selama ini, PLMB juga diharapkan dapat mengatasi kejenuhan dosen dalam mengajar yang saat daring seperti hanya dilakukan melalui monitor laptop.

Sehingga dosen dapat merasakan kenyamanan berkreasi dan keleluasaan gerak tubuh dalam memerankan sesuatu ketika melaksanakan pembelajaran, sama seperti pada saat tatap muka.

PLMB diawali dengan melatih para laboran dan tendik yang bertugas di semua prodi yang ada di lingkungan FIP UPI.

Pelatihan ini ditujukan agar para laboran dan tendik memiliki beberapa kemampuan teknis sebagai teknisi dalam pelaksanaan Pembelajaran Luring Moda Broadcasting, yang rencananya akan mulai dilaksanakan pada awal Februari 2021 (semester genap 2020/2021).



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X