Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Atasi Jenuh Kuliah Daring, UPI Inovasi Tatap Muka Moda "Broadcasting"

KOMPAS.com - Kuliah yang dilakukan secara daring selama pandemi Covid-19 kerap menimbulkan banyak keterbatasan dalam pembelajaran, seperti sulitnya menampilkan proses simulasi dan atau demonstrasi untuk materi perkuliahan tertentu.

Untuk mengatasi hambatan tersebut, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) merintis inovasi baru “Pembelajaran Luring Moda Broadcasting."

Melansir laman resmi UPI, pembelajaran Luring Moda Broadcasting (PLMB) merupakan pembelajaran tatap muka yang dilaksanakan di kelas seperti biasa tetapi disiarkan melalui aplikasi tertentu secara luas melalui jaringan internet.

PLMB yang dirintis ini menawarkan dua pilihan, yaitu pembelajaran untuk Kelas Kecil dan Kelas Besar.

Pada pembelajaran Kelas Kecil, proses mengajar dosen akan di-shooting dan di-broadcasting hanya pada satu kelas secara synchronous melalui aplikasi video converence, seperti yang biasa dilakukan pada penggunaan zoom meeting.

Sementara, pada pembelajaran Kelas Besar proses mengajar dosen di-shooting dan di-broadcasting untuk kelas yang lebih banyak secara paralel dan synchronous dengan menggunakan aplikasi streaming tertentu.

Selain dapat mengatasi keterbatasan yang terjadi pada perkuliahan daring selama ini, PLMB juga diharapkan dapat mengatasi kejenuhan dosen dalam mengajar yang saat daring seperti hanya dilakukan melalui monitor laptop.

Sehingga dosen dapat merasakan kenyamanan berkreasi dan keleluasaan gerak tubuh dalam memerankan sesuatu ketika melaksanakan pembelajaran, sama seperti pada saat tatap muka.

PLMB diawali dengan melatih para laboran dan tendik yang bertugas di semua prodi yang ada di lingkungan FIP UPI.

Pelatihan ini ditujukan agar para laboran dan tendik memiliki beberapa kemampuan teknis sebagai teknisi dalam pelaksanaan Pembelajaran Luring Moda Broadcasting, yang rencananya akan mulai dilaksanakan pada awal Februari 2021 (semester genap 2020/2021).

https://www.kompas.com/edu/read/2021/02/02/150451571/atasi-jenuh-kuliah-daring-upi-inovasi-tatap-muka-moda-broadcasting

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke