Universitas Jember Rekrut 2.272 Mahasiswa Baru Lewat SNMPTN

Kompas.com - 25/01/2021, 14:24 WIB
Cara Cek Kuota Sekolah pada SNMPTN 2021
KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoCara Cek Kuota Sekolah pada SNMPTN 2021
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Jember membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022 lewat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN) sebanyak 2.272 orang.

Sedangkan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN) akan menampung sebanyak 3.712 orang.

Baca juga: Unri Buka Tiga Jalur Seleksi untuk Calon Mahasiswa Baru

Adapun jalur mandiri akan dibuka untuk 1.438 mahasiswa baru. Jalur mandiri ini disebut Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR).

"Jadi ada 7.422 mahasiswa baru yang akan direkrut oleh Universitas Jember, lewat SNMPTN, SBMPTN dan jalur mandiri," kata Wakil Koordinator Kehumasan Universitas Jember, Rokhmad Hidayanto melansir laman Universitas Jember, Senin (25/1/2021).

Banyak prodi yang dibuka

Dia memproyeksikan, jumlah mahasiswa baru Universitas Jember akan mengisi bangku kuliah di 59 program studi (prodi) sarjana yang tersebar di 15 fakultas.

Jadi, kata dia, secara garis besar Universitas Jember menerapkan komposisi 30 persen mahasiswa baru jenjang sarjana dari SNMPTN, dan 50 persen dari jalur SBMPTN.

"Sementara untuk mahasiswa baru dari jalur mandiri kita menampung 20 persen dari daya tampung yang ada," kata dia.

Jumlah itu belum termasuk mahasiswa baru dari jenjang diploma yang akan diterima oleh Universitas Jember.

Untuk diketahui, Universitas Jember memiliki 10 program studi diploma.

Puluhan ribu calon mahasiswa mendaftar

Data di 2020, ada 55.925 peserta dari berbagai daerah yang menjadikan Universitas Jember sebagai tujuan kuliah jenjang sarjana.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X