Calon Mahasiswa, Kenali Istilah-istilah Penting Seleksi Masuk PTN 2021

Kompas.com - 13/01/2021, 18:54 WIB
Jadwal dan Syarat Pendaftaran SNMPTN, UTBK, SBMPTN 2021 Dok. LTMPTJadwal dan Syarat Pendaftaran SNMPTN, UTBK, SBMPTN 2021

KOMPAS.com - Seleksi penerimaan mahasiswa baru 2021 kini sudah di depan mata. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT) telah meluncurkan sistem Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) 2021.

Tak hanya SNMPTN, UTBK atau SBMPTN, calon mahasiswa juga akan menemui beragam istilah yang dipakai dalam seleksi masuk PTN.

Agar persiapan seleksi masuk PTN lebih matang, berikut berbagai istilah yang terkait dengan SNMPTN dan SBMPTN 2021, merangkum dari Rencanamu.id:

Baca juga: Mau Kuliah di UI? Ini Ragam Jalur Masuk UI dan Jadwal Seleksi

1. LTMPT: Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi merupakan lembaga resmi yang menyelenggarakan seleksi masuk PTN (SBMPTN dan SNMPTN).

2. SNMPTN: Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang sering disebut “jalur undangan”. Inilah jalur masuk PTN dengan melihat performa siswa di sekolah (semester 1 hingga 5). Kuota SNMPTN minimal 20 persen.

3. SBMPTN: Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri berdasarkan skor Ujian (UTBK). Kuota minimal 40 persen. Namun di PTN berbadan hukum, seperti UI dan UGM, kuota SBMPTN-nya minimal 30 persen.

4. UTBK: Ujian Tulis Berbasis Komputer. Skor UTBK akan digunakan untuk SBMPTN. Selain SBMPTN, nilai UTBK juga bisa digunakan untuk seleksi mandiri di beberapa perguruan tinggi negeri maupun swasta, namun tetap tergantung kebijakan kampus.

5. Seleksi Mandiri: Seleksi yang diselenggarakan masing-masing PTN. Seperti Ujian Tulis UGM, Ujian Seleksi Mandiri ITB, SIMAK UI, dan lainnya.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah IPA Sepi Peminat, tetapi Berprospek Cerah

6. Saintek: Istilah untuk program studi/jurusan bidang sains dan teknologi, seperti Kesehatan, Teknik, dan lainnya. Istilah tidak resminya adalah rumpun IPA.

7. Soshum: Istilah untuk program studi/jurusan bidang sosial dan humaniora, seperti Sastra, Ekonomi, Hukum, Komunikasi, dan lainnya. Istilah tidak resminya adalah rumpun IPS.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X