Kompas.com - 29/12/2020, 19:11 WIB
Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto dalam Webinar Praktik Baik Vokasi dan Industri, Senin (10/8/2020). DOK. DIREKTORAT VOKASIDirektur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto dalam Webinar Praktik Baik Vokasi dan Industri, Senin (10/8/2020).

KOMPAS.com - Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto mengatakan ada 11 program pengembangan Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Vokasi yang akan dijalankan di tahun 2021.

Pertama, yakni fokus pada output dan outcomes, bukan hanya pada proses maupun administrasi.

Baca juga: Pendidikan Vokasi Jadi Tumpuan UKM Indonesia

"Lulusan pendidikan vokasi harus dapat memuaskan DUDI, kompeten, unggul dan sesuai, serta menghasilkan produk nyata yang dihilirkan ke pasar/industri/masyarakat," ungkap Wikan melansir laman Vokasi Kemendikbud, Selasa (29/12/2020).

Kedua, fokus kepada kebijakan utama, yaitu Merdeka Belajar, menjadi pembelajar Pancasila dan kebijakan harus link and super match.

Ketiga, fokus pada program kerja utama, yaitu SMK Pusat Keunggulan, P3TV, PKK dan PKW, training SDM Vokasi, SMK-D2 Jalur Cepat, dan upgrading D3 menjadi sarjana terapan.

Keempat, yakni fokus pada pandemi Covid-19 yang berdampak pada kegiatan serta pola sasaran.

"Salah satu cara yang dilakukan adalah mengurangi event luring, mix dengan daring meeting, melakukan kegiatan yang realistis di masa pandemi, serta terkait dengan kebekerjaan lulusan di masa pandemi," ungkap Wikan.

Kelima, fokus pada persiapan dan pelaksanaan kegiatan lebih awal yang ada di lingkungan Ditjen Pendidikan Vokasi.

Keenam, sinergitas internal harus ditingkatkan lebih kuat dan mendalam antar Direktorat Teknis Pendidikan Vokasi.

Baca juga: Pendidikan Vokasi Diminta Libatkan DUDI Sejak Awal

"Serta peran strategis Direktorat Mitras Dudi harus diperkuat untuk mendukung program kerja ke seluruh direktorat teknis, termasuk peran penting Balai Besar agar disiapkan dengan baik," kata Wikan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X