Kompas.com - 28/12/2020, 14:02 WIB
Aktivitas pembelajaran siswa SMK.

DOK. Direktorat SMK KemendikbudAktivitas pembelajaran siswa SMK.
|

KOMPAS.com - Usai lulus dari SLTA, siswa bisa melanjutkan kuliah atau bekerja. Namun bagi lulusan SMK tentu sudah dibekali dengan keterampilan yang siap di dunia kerja.

Oleh karena itu, siswa lulusan SMK juga memerlukan sertifikat kompetensi agar mudah diserap di dunia industri. Apalagi di era serba digital ini semua harus bisa apa saja.

SMKN 8 Jakarta merupakan salah satu sekolah yang sudah menjadi Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama (LSP P1) yang diterima dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Maka tak heran jika SMKN ini dapat menguji dan mengeluarkan sertifikat kompetensi untuk peserta didiknya.

Adapun LSP P1 sendiri berfungsi sebagai lembaga yang memastikan kompetensi dengan menyediakan pendidikan vokasi atau pekerjaan yang berdasarkan kualifikasi atau keahlian.

Baca juga: Susi Air Buka 4 Lowongan Kerja Lulusan SMA dan SMK

"Dengan memperoleh sertifikat tersebut, maka dapat memberikan nilai tambah bagi siswa itu sendiri sebagai bekal untuk terjun di masyarakat, baik dalam bekerja maupun wirausaha," terang Suhendar selaku Kepala SMKN 8 Jakarta seperti dikutip dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Senin (28/12/2020).

Layani ujian sertifikasi SMK lain

Dijelaskan, LSP P1 di SMKN 8 Jakarta tidak hanya untuk siswanya sendiri, melainkan juga melayani jejaring yang ada di sekitar Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Untuk saat ini tercatat enam sekolah yang dapat ikut serta dalam ujian sertifikasi di LSP P1 SMKN 8 Jakarta.

Selain LSP P1 yang dapat menunjang kompetensi siswa, keunggulan lain yang dimiliki SMKN 8 Jakarta, yaitu memiliki kelas industri.

"Dengan adanya kelas industri, maka siswa saat lulus dari SMKN 8 Jakarta benar-benar mempunyai kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri sehingga dalam penempatan pekerjaan juga akan sesuai," jelas Suhendar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X