Kompas.com - 28/12/2020, 07:51 WIB
Ilustrasi makanan bergizi seimbang ShutterstockIlustrasi makanan bergizi seimbang
|

KOMPAS.com - Pada masa pandemi Covid-19, semua masih serba terbatas. Namun, bagi anak usia dini harus tetap menjalankan aktivitasnya sebaik mungkin agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Karenanya, anak harus mendapatkan gizi seimbang. Apa itu gizi? Gizi tidak hanya mempengaruhi tinggi dan pendek serta gemuk dan kurusnya seseorang, tetapi juga mempengaruhi banyak aspek kesehatan lainnya.

Gizi adalah zat-zat pembangun tubuh manusia dalam rangka mempertahankan dan memperbaiki jaringan-jaringan agar fungsi tubuh dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Gizi menjadi penting karena kebutuhan energi anak harus terpenuhi lewat gizi yang baik agar tumbuh kembangnya menjadi optimal.

Baca juga: 8 Contoh Bermain Bermakna bersama Anak di Rumah

Salah satu faktor yang paling berpengaruh pada tumbuh kembang anak adalah gizi yang seimbang.

Melansir akun Instagram Kemendikbud, Minggu (27/12/2020), orang tua harus menerapkan 4 prinsip pilar gizi seimbang:

1. Mengonsumsi makanan beragam

Pada prinsipnya, setiap makan yang dikonsumsi dalam satu kali makan, mulai dari makan pagi, siang, dan malam harus terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur dan buah.

2. Perilaku hidup bersih dan sehat

Masyarakat termasuk anak harus selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS dalam kehidupan sehari-harinya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X