Kompas.com - 25/12/2020, 15:23 WIB
Ilustrasi dokter perempuan. SHUTTERSTOCKIlustrasi dokter perempuan.

KOMPAS.com - Memilih jurusan kuliah kini tak lagi bisa "asal", asal ikut teman, asal banyak peminat, atau asal masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Memilih jurusan kuliah perlu dilakukan dengan banyak pertimbangan karena jurusan tersebut dapat memengaruhi arah masa depan, mulai dari karier bahkan penghasilan.

Nah, bagi kamu yang akan memilih jurusan kuliah IPA, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan prospek kerja dan kisaran penghasilan sebelum memutuskan untuk memilih jurusan.

Meski begitu, pertimbangan seperti minat dan bakat sebaiknya juga perlu dilakukan dalam memilih jurusan.

Baca juga: 4 Kampus Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2021

Sebab, minat akan membuat kamu bersemangat menjalani perkuliahan meski mata pelajaran cukup berat, sementara bakat dapat mendorong kamu untuk berprestasi di bidang yang kamu geluti.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Merangkum laman Pintek.id, berikut ragam prospek kerja jurusan kuliah IPA dan kisaran gaji:

1. Kedokteran

Teknologi di era 4.0 belum mampu menggantikan peran seorang dokter untuk melayani pasien. Itulah mengapa, profesi ini tetap menjadi pilihan. Tak heran bila jurusan Kedokteran menjadi jurusan IPA paling favorit setiap tahunnya.

Tidak hanya mulia, bekerja sebagai dokter juga merupakan profesi yang bergengsi dan dinilai memiliki prospek penghasilan yang cukup besar. Kamu bisa membuka praktek sendiri atau mengabdi di rumah sakit dan klinik.

Baca juga: 5 Kampus Jurusan Ilmu Komputer Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2021

Gaji seorang dokter umum di rumah sakit terkemuka bisa mencapai Rp 12 juta hingga Rp 15 juta. Sementara untuk dokter spesialis penghasilannya bisa mencapai antara Rp 20 juta sampai Rp 50 juta.

Meski begitu, menurut Ikatan Dokter Indonesia di tahun 2016, gaji seorang dokter umum diharapkan paling sedikit Rp 17 juta, sementara dokter spesialis minimal harus mengantongi Rp 40 juta per bulan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X