Kompas.com - 14/12/2020, 09:53 WIB
Ilustrasi ekonomi dan pertumbuhan. TOTO SIHONOIlustrasi ekonomi dan pertumbuhan.
|

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 menjadikan seluruh bangsa terpukul. Dampaknya tentu berbagai sektor, salah satunya bidang ekonomi. Banyak negara perekonomiannya terpuruk.

Hanya saja, bagaimana di tahun 2021? Di Indonesia apakah perekonomiannya semakin mambaik atau tidak? Berikut ini proyeksi perekonomian Indonesia di mata Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran (Unpad).

Melansir laman Unpad, Senin (14/12/2020), Guru Besar FEB Unpad Prof. Nury Effendi, Ph.D., memproyeksikan perekonomian domestik maupun global perlahan akan membaik pada 2021. Sekalipun pandemi Covid-19 masih terus eskalasi, ekonomi global diperkirakan akan tumbuh sekitar 4 – 5 persen pada 2021.

"Intinya untuk 2021, hampir semua lembaga menyatakan itu optimistis," ujar Prof. Nury.

Baca juga: Guru Besar IPB Temukan Vaksin Ikan untuk Budidaya Akuakultur

Dijelaskan, Indonesia menurut ASEAN Development Bank diprediksikan mengalami pertumbuhan ekonomi mendekati 5 persen. Prediksi ini terlihat dari pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mulai menguat di kuartal ke-2 dan ke-3.

"Jika bicara kuartal ke kuartal, kuartal 2 ke 3 sudah mulai membaik sehingga negatifnya menjadi tidak terlalu tinggi. Kuartal ke-4 juga akan semakin kecil year on year-nya," kata Prof. Nury.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak hanya itu saja, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS juga cenderung menguat. Meski dikhawatirkan nilai tukar rupiah akan tembus di angka Rp 15.000, dampak ketidakpastian dari pemilu AS menjadikan rupiah cenderung terapresiasi mendekati angka Rp 14.000.

Selain itu, aktivitas pasar modal di Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) juga cenderung naik, walaupun kenaikan ini melahirkan dua sisi mata uang di kalangan pakar ekonomi.

Namun meski pertumbuhan dinilai positif, Indonesia tetap dihadapkan pada pekerjaan rumah sebagai dampak dari pandemi Covid-19.

Lebih lanjut Prof. Nury menjelaskan, dampak pandemi Covid-19 di Indonesia ialah meningkatnya:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X