Kompas.com - 14/12/2020, 08:10 WIB
Ilustrasi gedung dengan teknologi ramah lingkungan. Dok. ShutterstockIlustrasi gedung dengan teknologi ramah lingkungan.
|

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 mendorong semua lini kehidupan untuk maju dan berkembang. Tak hanya dari sektor kesehatan untuk menemukan obat dan vaksin, untuk mendukung itu juga perlu inovasi lainnya.

Seperti halnya dari sisi infrastruktur. Rumah sakit atau bangunan untuk karantina juga semakin penuh. Karena itu dibutuhkan bangunan karantina dengan konsep moderen.

Namun, di tangan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggagas rancangan bangunan dengan konsep ideal untuk karantina selama pandemi berlangsung sekaligus berkelanjutan dengan nama Among Raga.

Melansir laman ITS, Senin (14/12/2020), bangunan 42 lantai ini juga berkonsep ramah lingkungan. Karena memiliki ruang terbuka hijau untuk kesehatan dan kesejahteraan penghuni selama karantina.

Baca juga: 6 Ide Nyambi Bisnis bagi Mahasiswa, Mana Pilihanmu?

Menurut Ketua Tim, Nathanael Christopher Sutopo, Among Raga sendiri diambil dari bahasa Jawa yang berarti Merawat Tubuh, sesuai dengan konsep karantina yang digunakan.

Desain yang diterapkan merupakan pencerminan kearifan lokal dari masyarakat Asia Tenggara yaitu gotong royong.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pandemi ini bisa dilalui dengan bekerja sama untuk menjaga sesama dengan menjaga diri, setiap orang itu bisa among raga," ungkap Nathanael Christopher.

Dukung kesejahteraan penghuni

Tak hanya itu saja, Among Raga juga untuk mematahkan stigma masyarakat terhadap karantina yang terkesan membosankan, terkurung, serta tidak produktif.

Namun karena mengusung konsep open space, bangunan ini tentunya akan mendukung kesejahteraan para penghuni terutama yang reaktif atau positif Covid-19.

"Bangunan karantina didesain dengan sistem dan fasilitas yang memadai. Bukan hanya untuk mencegah penyebaran, tetapi juga untuk efek psikologis," jelasnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X