Kompas.com - 07/12/2020, 10:51 WIB
Siswa SD di Selayar KOMPAS.com/NURWAHIDAHSiswa SD di Selayar
|

KOMPAS.com - Selama 9 bulan ini, siswa telah mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ). Ada banyak kelebihan dan kekurangan.

Namun, dari hasil evaluasi yang dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), ada dampak negatif jika terlalu lama PJJ, salah satunya terkait tumbuh kembang anak.

Untuk itulah Mendikbud Nadiem Makarim mengumumkan penyelenggaraan pembelajaran semester genap TA 2020/2021 di masa pandemi Covid-19. Yakni sekolah diperbolehkan menyelenggarakan tatap muka di kelas mulai Januari 2021.

Kini, pemerintah memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah atau kantor wilayah Kementerian Agama untuk menentukan pembelajaran tatap muka.

Baca juga: 9 Bulan PJJ , Mendikbud Nadiem: Siswa Bisa Putus Sekolah

Namun demikian, ada hal penting yang harus dilakukan sebelum satuan pendidikan atau sekolah melaksanakan pembelajaran tatap muka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Perlu dipastikan terlebih dahulu setiap sekolah sudah mempersiapkan daftar periksa atau belum," ujar Direktur Sekolah Dasar Kemendikbud, Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd., seperti dikutip dari laman Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbud, Kamis (3/12/2020).

Dijelaskan, dalam daftar periksa terdapat 6 tahapan yang harus dilakukan oleh setiap sekolah.

1. Pertama, sekolah harus memastikan ketersediaan sarana sanitasi seperti ketersediaan toilet yang berfungsi dan harus bersih.

"Ketersediaan toilet ini sangat penting karena selama ini kita tahu sekolah memiliki toilet tapi pihak kami belum bisa memastikan apakah toilet tersebut dalam keadaan bersih, ada air mengalir dan tersedia sesuai dengan kebutuhan peserta didik," terangnya.

Disamping itu, sekolah harus menyediakan sarana cuci tangan dengan air mengalir seperti wastafel atau bentuk-bentuk sarana cuci tangan yang lainnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.