Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UMN Digital Learning Buka Beasiswa untuk Satu Jurusan Ini

Kompas.com - 03/12/2020, 05:00 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi generasi muda yang ingin melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi, berikut ini ada informasi beasiswa kuliah.

Adapun beasiswa ini datang dari Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang menggandeng BenihBaik.com, sebuah platform crowdfunding tepercaya menghadirkan Program Beasiswa Indonesia Go Digital bertema "Bersama Cerdaskan Bangsa Indonesia".

Hanya saja, program ini memberikan peluang bagi masyarakat Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan ke bangku perkuliahan namun terkendala dengan finansial.

Program ini bertujuan untuk memberikan akses Pendidikan S1 Digital Learning Strategic Communication yang fleksibel dan terjangkau.

Rektor UMN Ninok Leksono menyatakan, program beasiswa ini sebenarnya sudah dipersiapkan sebelum pandemi Covid-19.

Baca juga: UMN dan BenihBaik Buka Beasiswa Kuliah, Simak Persyaratannya

Karenanya, melalui UMN Digital Learning (UDL) ini para mahasiswa bisa menikmati pendidikan tinggi secara daring atau dengan skema pembelajaran jarak jauh (PJJ).

"Ini memberikan akses bagi mereka tanpa harus datang ke kampus UMN. Tetapi tetap mendapatkan materi yang sama," ujar Dr.Ninok Leksono, M.A. pada acara Virtual Press Conference, Rabu (2/12/2020).

Diprioritaskan masyarakat tertentu

Dijelaskan, program beasiswa ini memprioritaskan kalangan masyarakat tertentu, diantaranya:

  • anak pengusaha UMKM
  • anak petani, nelayan, buruh
  • anak dari keluarga pra sejahtera
  • mereka yang memiliki usaha atau sedang merintis usaha di daerah masing-masing yang terjangkau oleh fasilitas internet.

Dalam kerjasama ini BenihBaik.com menggalang dana untuk diberikan kepada calon penerima. Donasi ini bisa berasal dari korporasi maupun masyarakat umum.

Sedangkan untuk mendapatkan beasiswa ini, calon penerima bisa mendaftarkan melalui mitra atau bisa mendaftar di laman BenihBaik.com yang akan ditayangkan pekan depan.

"Terima Kasih untuk UDL yang mempercayakan ini pada BenihBaik.com dan senang rasanya semakin banyak institusi yang peduli pada pendidikan sekaligus mendukung wirausahaan," terang Andy F Noya, founder sekaligus CEO BenihBaik.com.

"Semoga apa yang dilakukan oleh Universitas Multimedia Nusantara membawa banyak manfaat bagi generasi penerus bangsa Indonesia, dan semoga mereka yang mendapatkan Beasiswa Indonesia Go Digital Universitas Multimedia Nusantara juga mampu menjadi jembatan kebaikan bagi sesama," jelas Andy.

Kuliah secara digital

UDL sendiri berperan sebagai unit pendidikan dari UMN yang akan menyelenggarakan pendidikan bagi peserta beasiswa.

Nantinya, seluruh kegiatan belajar dilakukan secara digital sehingga waktu belajar akan menjadi praktis dan fleksibel serta dapat memangkas waktu serta biaya selama pembelajaran.

Melalui UDL, proses pembelajaran juga akan lebih menyenangkan karena materi belajar disampaikan melalui konten digital interaktif.

Tak hanya itu saja, materi tersebut dilengkapi dengan audio visual dan animasi yang menarik untuk mendukung pemahaman pembelajaran.

Selain itu mahasiswa akan mendapatkan kesempatan mendapatkan pelatihan inkubator bisnis dari Skystar Ventures milik UMN, yang bertujuan menyiapkan mahasiswa menjadi sosiopreneur.

Baca juga: Mahasiswa ITS Ciptakan Kotak Distribusi Vaksin, Cocok untuk Daerah 3T

Melalui UDL, para mahasiswa dipersiapkan untuk menjalankan bisnis bahkan sejak masa kuliah, sehingga dapat membantu dan mengembangkan usaha mikro orang tua mahasiswa yang sedang dirintis.

Tanpa harus menunggu lulus, peserta beasiswa juga diharapkan mampu mengaplikasikan ilmunya secara langsung untuk kepentingan pengembangan pribadi dan berkontribusi untuk membangun masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com