Kompas.com - 02/12/2020, 19:30 WIB
Penulis Dian Ihsan
|

KOMPAS.com - LPDP Kemenkeu menjalin kerjasama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud dalam memberikan beasiswa ke siswa vokasi di 2021. Beasiswa yang akan dibuka yakni program S2 atau Magister.

Direktur Mitras DUDI Kemendikbud, Ahmad Saufi mengatakan, LPDP bersama Ditjen Pendidikan Vokasi memiliki komitmen penuh untuk memberikan beasiswa S2 bagi siswa vokasi di 2021. Setiap penerima beasiswa bisa menentukan kuliahnya, baik di dalam maupun luar negeri.

Baca juga: Dirjen Vokasi Ingin Kirimkan Talenta Terbaik ke Seluruh Dunia

"Jadi sedikit lagi launching, ini sedang kita godok mekanisme beasiswa, antara LPDP dengan Ditjen Vokasi untuk mereka para siswa vokasi," ucap Saufi dalam acara Kompas Talks dengan tema "Pendidikan Vokasi Hadapi Industri Masa Depan" secara online, Rabu (2/12/2020).

Saufi menekankan, beasiswa S2 ini dikhususkan bagi siswa vokasi yang ingin menjadi dosen di kampus Politeknik.

Selain beasiswa S2, kata dia, LPDP juga membuka beasiswa bagi siswa vokasi yang akan mengambil training tanpa gelar di luar negeri.

Sementara bagi beasiswa S1, lanjut dia, Ditjen Vokasi sedang mencari dananya. Paling terpenting, siswa vokasi bisa merasakan beasiswa seperti siswa umum yang lainnya.

"Sejauh ini beasiswa S1, sedang kita cari mekanisme pendanaannya. Paling, terpenting kita akan keluarkan beasiswa S2 dan training non-gelar itu," jelas Saufi.

Terkait besaran dana yang dikeluarkan untuk beasiswa vokasi, Saufi tidak bisa menyebutkannya secara gamblang. Namun, dia memastikan, besaran uang yang dikeluarkan, tergantung dengan berapa jumlah siswa vokasi yang bisa memperoleh beasiswa dari LPDP tersebut.

"Jadi, jangan sampai kelewatan program beasiswa untuk siswa vokasi ini. Sebentar lagi akan kita keluarkan," terang Saufi.

Talenta terbaik vokasi dikirim ke seluruh dunia

Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto pernah menyatakan, bahwa dirinya ingin mengirimkan talenta terbaik vokasi ke seluruh dunia untuk belajar dari kehebatan negara lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.