Hari Ini, Kemendikbud Salurkan Bantuan Kuota Gratis Terakhir 2020

Kompas.com - 30/11/2020, 13:55 WIB
Ilustrasi mahasiswa dan dosen yang menerima kuota gratis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. DOK. ANDROW PARAMA M.Ilustrasi mahasiswa dan dosen yang menerima kuota gratis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) menyalurkan pemberian bantuan kuota gratis terakhir di hari ini, Senin (30/11/2020). Bantuan kuota gratis internet yang diberikan ini akan selama dua bulan sekaligus, yakni November dan Desember.

Penyaluran bantuan kuota gratis, demi mendukung pembelajaran jarak jauh ( PJJ) yang dilakukan siswa, guru, mahasiswa, maupun dosen. Tentunya, pelaksanaan ini demi memerangi rantai penyebaran Covid-19 di dunia pendidikan maupun perguruan tinggi.

Baca juga: Belum Daftar Kuota Gratis Kemendikbud? Segera Setor Nomor Ponsel

Plt Kepala Pusat Data dan Informasi, Muhammad Hasan Chabibie mengatakan, berdasarkan Peraturan Sekretaris Jenderal (Persesjen) Nomor 14 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020, distribusi kuota bulan November dan Desember, akan didistribusikan sekaligus pada November.

"Untuk itu, bagi seluruh peserta didik dan tenaga pengajar mohon dimanfaatkan bantuan kuota data internet ini untuk keperluan belajar," kata dia melansir laman Kemendikbud.

Sebagaimana diketahui, bantuan kuota gratis dari Kemendikbud untuk bulan November dan Desember akan cair di tanggal 22-24 November 2020. Pencairan tersebut merupakan tahap pertama, sedangkan tahap kedua akan berlangsung pada 28-30 November 2020.

Bantuan kuota gratis ini telah berjalan sejak September 2020. Memang rencana awal bantuan kuota gratis ini diberikan selama 4 bulan.

Dalam petunjuk teknis bantuan kuota gratis telah diterangkan, bahwa bentuk bantuan yang diberikan Kemendikbud berupa kuota data internet dengan rincian dibagi atas kuota umum dan kuota belajar.

Kuota umum adalah kuota yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi. Sedangkan Kuota Belajar adalah kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran, dengan daftar yang tercantum pada http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/.

Kuota gratis berlaku 75 hari

Kuota gratis selama dua bulan ini akan berlaku hingga 75 hari, terhitung sejak kuota gratis diterima oleh nomor ponsel pendidik dan peserta didik.

Adapun paket kuota gratis untuk peserta didik PAUD mendapatkan 20 GB perbulan dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 15 GB.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X