Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa, Intip 5 Cara Tingkatkan IPK Saat di Masa PJJ

Kompas.com - 15/11/2020, 17:49 WIB
Dian Ihsan,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah tengah memutus penyebaran virus Covid-19, karenanya banyak sekolah maupun perguruan tinggi masih menjalankan proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau online.

Baca juga: Mendikbud: Ada Siswa dan Guru Belum Terima Kuota Internet Gratis

Meski belajar di rumah kala pandemi Covid-19, mahasiswa maupun mahasiswi bisa meningkatkan nilai prestasi atau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Memang IPK bukanlah segalanya, tapi tidak ada salahnya bila insan perguruan tinggi mempunyai kemauan untuk memiliki IPK yang tinggi di saat kondisi seperti ini.

Melansir laman instagram resmi Ditjen Dikti, Minggu (15/11/2020), menyebutkan bahwa ada lima cara yang bisa dilakukan mahasiswa atau mahasiswi untuk memperoleh nilai IPK tinggi ketika mekanisme pembelajarannya dilakukan di rumah.

Adapun caranya bisa kalian simak seperti di bawah ini:

1. Siapkan perangkat, aplikasi, dan jaringan

Hal yang pertama bisa dilakukan, tentunya mendukung proses belajar di rumah, seperti laptop, telepon genggam (handphone), dan aplikasi pendukung belajar, seperti Zoom Meeting, Google Meet, Google Teams, dan lain-lain.

Pastikan insan perguruan tinggi memenuhi ini yah, agar kalian memperoleh nilai IPK yang baik.

2. Aktif di kelas

Meski dilakukan secara daring atau online, mahasiswa dan mahasiswi tetap harus fokus pada setiap materi yang diberikan dosen. Peserta didik juga harus aktif dalam menyiapkan argumennya setiap proses pembelajaran.

Dengan fokus dan aktif di kelas, maka peserta didik bisa mudah memahami materi dan biasanya menjadi perhatian dosen.

3. Rajin membaca buku dan jurnal

Dengan sering membaca buku dan jurnal, peserta didik kampus maka akan memiliki banyak ilmu pengetahuan. Lalu, bisa menjadi banyak landasan dalam menulis maupun berargumentasi.

4. Jangan menunda tugas

Ketika peserta didik perguruan tinggi menunda pekerjaan, artinya tidak bisa menggunakan waktu secara maksimal. Pastinya, hasil yang dikerjakan juga tidak akan maksimal. Itu karena konsentrasi kalian terbagi dengan tugas-tugas lain yang berdatangan dari dosen yang lain.

Maka dari itu, sebaiknya tugas yang baru diberikan langsung bisa dikerjakan. Bila tugas sudah selesai sebelum waktu yang telah ditentukan, maka banyak waktu luang untuk melakukan hal lainnya.

5. Jangan titip absen

Poin terakhir masalah titip absen. Untuk itu, hal ini harus ditinggalkan, bila ingin memperoleh nilai IPK yang baik.

Para dosen sangat konsen pada jumlah kehadiran peserta didiknya. Oleh karena, masalah absen juga harus dipikirkan, agar penilaian dosen terhadap mahasiswanya di posisi yang baik.

Bila peserta didik tidak pernah menitip absen, maka orang itu bisa menghargai waktunya di setiap kegiatan yang dilakukannya setiap hari.

Baca juga: YCAB: Siswa Masih Rasakan Keadilan Belajar Online Belum Merata

Nah, tolong diperhatikan kelima cara itu. Ketika memperoleh nilai IPK yang baik, maka bisa membantu kalian dalam mendapatkan pekerjaan dan mendaftar beasiswa di jenjang pendidikan berikutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com