Mendikbud: Ada Siswa dan Guru Belum Terima Kuota Internet Gratis

Kompas.com - 15/11/2020, 13:07 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/2/2020). KOMPAS.com/Firda Zaimmatul MufarikhaMenteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/2/2020).

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Rote memastikan, bahwa program bantuan kuota data internet yang diluncurkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sampai ke penerima manfaat di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Namun, Nadiem memperoleh informasi, bahwa masih ada siswa dan guru belum menerima bantuan kuota data internet, karena masih banyak kepala sekolah yang belum menandatangani surat pertanggungjawaban mutlak (SPTJM).

Baca juga: Mendikbud: Dana BOS 2021 Difokuskan untuk Daerah 3T

"Untuk SPTJM, cukup tanda tangan, foto, dan unggah. Kuota data internet akan langsung dikirim oleh operator asal nomor ponselnya aktif. Tidak perlu ada izin dari dinas pendidikan," ucap Mendikbud melansir laman Kemendikbud, Minggu (15/11/2020).

Dia menegaskan, setiap bulannya bantuan kuota data internet gratis akan disalurkan sebanyak dua kali. Jikalau kepala sekolah telah memenuhi tahapan secara benar, bantuan kuota data internet pasti disalurkan.

"Jika sampai terjadi demikian, saya pastikan tim saya di pusat untuk turun tangan," ucap Nadiem.

Saat ini, sudah 35 juta peserta didik, guru, mahasiswa dan dosen yang telah menerima bantuan kupta internet gratis. Pemberian kuota internet ini dibagi menjadi empat kategori. Pertama, bantuan kuota internet untuk peserta didik jenjang PAUD sebesar 20 GB kuota internet per bulan.

Kedua, peserta didik jenjang dasar dan menengah mendapatkan 35 GB kuota internet per bulan. Ketiga, pendidik jenjang PAUD, pendidikan dasar, dan menengah mendapatkan 42 GB kuota internet per bulan. Keempat, dosen dan mahasiswa mendapatkan bantuan kuota internet sebesar 50 GB per bulan.

Duta Pelondou, siswa kelas XI SMA Rote Tengah menyampaikan terima kasihnya kepada Mendikbud.

"Setahun ini saya merasakan banyak perubahan oleh Bapak Menteri. Apalagi diberikan bantuan kuota untuk belajar jarak jauh," ucap Duta.

Duta juga menyampaikan harapannya kepada Mendikbud untuk lebih memperhatikan daerah perbatasan.

Baca juga: Kuota Gratis, Nadiem: Bukan untuk Main Game dan Tonton Video

"Semoga Bapak Menteri semakin memperhatikan kami anak-anak Rote, agar kami dapat berkembang lebih pesat lagi," ungkap Duta.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X