Besok Pendaftaran Beasiswa Pendidik S3 Ditutup, Ini Syarat dan Skemanya

Kompas.com - 12/11/2020, 11:21 WIB
Ilustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi ShutterstockIlustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi

KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi ( Ditjen Dikti) Kemendikbud memperpanjang pendaftaran beasiswa pendidik untuk jenjang Doktoral atau S3 bagi dosen hingga 13 November 2020.

Melansir laman resmi instagram Ditjen Dikti, Rabu (11/11/2020), menyebutkan bahwa semula pendaftaran beasiswa ini dibuka hingga 4 November 2020. Namun, program ini diperpanjang hingga Jumat, 13 November 2020. 

Baca juga: Syarat Umum dan Khusus Beasiswa Pendidik LPDP 2020, Resmi Dibuka Hari Ini

Program beasiswa ini sebagai upaya dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas dosen sesuai kebutuhan strategis perguruan tinggi di Indonesia.

Beasiswa ini dibentuk oleh Ditjen Dikti Kemendikbud bersama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ( LPDP) Kemenkeu, yang diberikan untuk dosen tetap di Kemendikbud yang sedang meningkatkan kualitas akademik dosen, dari S2 menjadi S3 pada semester ganjir tahun akademik 2020/2021.

Pendaftaran bisa dilakukan secara daring melalui situs https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/. Pendaftar harus melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftar.

Lalu, pendaftar bisa melakukan submit di aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi/pendaftaran. Proses seleksik Beasiswa Pendidik 2020, antara lain seleksi administrasi dan seleksi substansi.

Persyaratan umum

Adapun persyaratan umum yang harus dilengkapi seperti di bawah ini:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Telah menyelesaikan studi program Magister (S2) untuk beasiswa Doktoral dengan ketentuan yang berlaku.
  • Melampirkan surat rekomendasi, seperti surat rekomendasi dari akademisi dan atasan bagi yang suda bekerja dan surat rekomendasi dari dua akademisi yang belum bekerja.
  • Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler.
  • Mengisi profil diri pada formulir pendaftaran online.
  • Menulis personal statement.
  • Menulis komitmen kontribusi ke instansi asal pasca studi.
  • Menulis proposal penelitian untuk doktoral.

Sasaran dan skema program

Ada beberapa sasaran dan skema program dari program beasiswa ini, yakni sebagai berikut:

  • Dosen tetap pad aperguruan tinggi di lingkungan Kemendikbud yang telah memeiliki Nomor Induk Dosen Nasional.
  • Doktor satu gelar (single degree) untuk dosen tetap dengan durasi studi paling lama 36 bulan dan dapat diperpanjang selama dua semester berdasarkan evaluasi.

Baca juga: LPDP Buka Beasiswa Pendidik untuk Guru dan Dosen, Ini Cara Daftar

Bila ingin mengetahui informasi lebih lanjut dan detail, calon pendaftar beasiswa ini bisa mengunjungi laman Ditjen Dikti.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X