Mendikbud: Anggaran Perguruan Tinggi Naik 70 Persen Tahun 2021

Kompas.com - 03/11/2020, 16:53 WIB
Menteri Kependidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim memberikan pidato dalam rangka memeringati Hari Kesaktian Pancasila lewat siaran langsung TVRI dan kanal YouTube Kemendikbud RI pada Rabu (30/9/2020). DOK. KEMENDIKBUD RIMenteri Kependidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim memberikan pidato dalam rangka memeringati Hari Kesaktian Pancasila lewat siaran langsung TVRI dan kanal YouTube Kemendikbud RI pada Rabu (30/9/2020).

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan meningkatkan anggaran bagi perguruan tinggi hingga 70 persen, baik perguruan tinggi negeri ( PTN) maupun perguruan tinggi swasta ( PTS) di tahun 2021.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud) mengatakan, peningkatan anggaran bagi perguruan tinggi hingga 70 persen di 2021 memiliki tujuan agar kualitasnya semakin membaik.

Baca juga: Kulit Mangga Antar ITS Raih Medali Emas di Korea

"Untuk mencapai hasil-hasil mutu yang kita inginkan. Kabar gembira di tahun 2021, Kemendikbud akan meningkatkan total anggaran yang disalurkan ke PTN dan PTS sebesar 70 persen," ucap dia dalam konferensi pers secara daring lewat channel YouTube resmi Kemendikbud, Selasa (3/11/2020).

Angka kenaikan anggaran, bilang dia, dari Rp 2,9 triliun di 2020 menjadi Rp 4,95 triliun di 2021. Rincian kenaikan, sebesar Rp 250 miliar untuk matching fund dan sebesar Rp 500 miliar untuk competitive fund.

"Lalu sebesar Rp 1,3 triliun untuk tambahan Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN), Bantuan Pendanaan Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (BPPTNBH), dan insentif kinerja," sebut dia.

Perguruan tinggi banyak kemajuan

Dia mengatakan, selama 10-20 tahun terakhir, kinerja perguruan tinggi mengalami banyak kemajuan, seperti dalam jumlah partisipasi di perguruan tinggi. Bahkan, jumlah lulusan perguruan tinggi naik dari 26 persen menjadi 36 persen.

"Sekarang saatnya fokus pada kualitas, bukan hanya kuantitas. Dari segi peningkatan mutu dengan relatif dengan negara lain kita harus bisa menciptakan lulusan yang lebih baik. Makanya kita apresiasi anggaran untuk kinerja perguruan tinggi," jelas dia.

Ketika anggaran sudah naik, dia mengharapkan, kinerja perguruan tinggi juga bisa meningkat sesuai apa yang diharapkan oleh Kemendikbud.

Baca juga: Mendikbud: Mahasiswa dan Dosen Banyak Berinovasi Saat Pandemi Covid-19

"Kenaikan anggaran ini juga demi mendorong diferensiasi di masing-masing perguruan tinggi," tukasnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X