Ditjen Dikti dan Maarif Institute Kerja Sama Tingkatkan Literasi Pendidikan Tinggi

Kompas.com - 24/10/2020, 22:29 WIB
Ilustrasi media sosial KOMPAS.COM/ShutterstockIlustrasi media sosial

KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi ( Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan Maarif Institute for Culture and Humanity meningkatkan literasi media untuk mahasiswa dan dosen,

Kerjasama ini langsung ditandatangani oleh kedua instansi pada Jumat, 23 Oktober 2020.

Literasi media merupakan kemampuan untuk memahami, menganalisis, dan mendekonstruksi pencitraan media. Maka, mahasiswa dan dosen dianggap menjadi kelompok yang dapat meningkatkan literasi media.

Baca juga: Kemendikbud Salurkan Kuota Internet Gratis ke 35,7 juta Pengguna

Berdasarkan hal tersebut, Ditjen Dikti bersama Maarif Institute menandatangani nota kesepahaman yang memiliki ruang lingkup sebagai berikut, yaitu pelatihan literasi media bagi mahasiswa dan dosen, sosialisasi pelatihan literasi media, serta monitoring dan evaluasi pelatihan literasi media.

"Sebelumnya, kegiatan komunikasi dan kolaborasi sudah kurang lebih 3 bulan dijalankan dan sampailah pada penandatanganan nota kesepahaman ini," kata Sekretaris Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Paristiyanti, dalam siaran persnya, Sabtu (24/10/2020).

Paristiyanti mengharapkan, kerja sama ini dapat betul-betul dilaksanakan dengan perencanaan yang baik, menerapkan win-win solution antara Ditjen Dikti dengan Maarif Institute, melakukan implementasi, monitoring, dan evaluasi untuk keberlanjutan serta perbaikan yang terstruktur agar kegiatan kerjasama di masa yang akan datang jauh lebih baik.

"Kami titipkan kepada Maarif Institute sebanyak 287 ribu dosen dan 8 juta mahasiswa untuk diberikan literasi tentang media dan agar dapat mempercepat transformasi pendidikan tinggi untuk meningkatkan transformasi ekonomi, sesuai tagline dari Ditjen Dikti yaitu Kampus Merdeka Indonesia Jaya," ucap dia.

Staff Khusus Bidang Kompetensi dan Manajemen Kemendikbud, Dei Sudarmo menyampaikan apresiasi dan rasa bangga yang luar biasa, karena terciptanya kerja sama antara Ditjen Dikti dengan Maarif Institute.

Hal ini merupakan milestone kerjasama dan sinergi antara Kemdikbud, Ditjen Dikti, dengan Maarif Institute.

"Atas pencapaian ini, diharapkan kita dapat bekerja lebih erat lagi," ungkapnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X