Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/10/2020, 21:49 WIB
Dian Ihsan,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - SMK PGRI Pedan menjalin kerjasama dengan tiga perusahaan herbal sekaligus di wilayah Klaten dan Solo. Ketiga perusahaan itu, yakni CV Janna Persada Ageng, CV Al Birruni, dan CV Khalilla.

Kerjasama yang dijalankan telah dibubuhkan tandatangan oleh ketiga pihak di SMK PGRI Pedan, pada Selasa, 20 Oktober 2020. Setelah adanya kerjasama, maka SMK ini memperoleh label keahlian dalam meracik herbal.

Baca juga: Polinela Tingkatkan Kualitas SMK Unggul Terpadu Lampung Tengah

Maksud dari kerjasama ini, kata Kepala SMK PGRI Pedan Wahyu Widayati, agar siswa memiliki keahlian tambahan dan bisa bersaing di dunia kerja, ketika lulus dari sekolah.

"Jadi setelah lulus, siswa dari jurusan farmasi bisa memiliki keahlian plus. Jadi memperoleh keahlian dari dunia industri yang bisa ditunjukkan," ucap Wahyu melansir laman PSMK Kemdikbud, Rabu (21/10/2020).

Kerjasama dengan perusahaan lain, bilang dia, telah dijalin oleh SMK PGRI Pedan, salah satunya perusahaan multinasional yang telah bersedia untuk menjalin kerjasama. Tapi, terkendala sementara karena ada pandemi Covid-19.

"Sebenarnya kami sudah ada rintisan kerja sama dengan perusahaan multinasional. Karena terkendala pandemi ini dengan terbatasnya mobilitas, untuk sementara kita vakum dulu," jelas dia.

Di SMK PGRI Pedan, lanjut dia, setidaknya ada lima jurusan, yaitu farmasi klinik dan komunitas, otomatisasi dan tata kelola perkantoran, bisnis daring dan pemasaran, akuntansi dan keuangan lembaga, dan keperawatan. Dengan total siswa di SMK ini ada sebanyak 456 orang.

Ruang lingkup kerjasama

Kerjasama yang dilakukan bersama tiga perusahaan meliputi kegiatan magang hingga penyerapan tenaga kerja dari lulusan SMK PGRI Pedan.

"Jadi memang arahnya nanti ke sana sampai ke penyerapan tenaga kerja. Melalui kerja sama ini diharapkan nantinya anak bisa belajar, lulus, hingga bekerja bisa linier dengan keahlian plus mereka," ucap Ketua Kompetensi Keahlian SMK PGRI Pedan Mitta Aninjaya.

Baca juga: Siapkan SDM Industri, SMK Ananda Deltamas Tingkatkan Karakter dan Skill

Memang, Mitta mengaku, kegiatan magang belum bisa dilakukan secara tatap muka, karena pandemi Covid-19. Untuk itu, pihak sekolah menggelarnya dengan mekanisme daring atau online.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com