USU Sumbang Teknologi untuk Petani Bawang Merah Siborongborong

Kompas.com - 20/09/2020, 16:20 WIB
Sejumlah tempat di Indonesia akan melangsungkan panen raya bawang merah. DOK. Humas Kementerian PertanianSejumlah tempat di Indonesia akan melangsungkan panen raya bawang merah.

KOMPAS.com - Universitas Sumatera Utara ( USU) melalui Lembaga Pengabdian/Pelayanan Kepada Masyarakat (LPPM) USU memberikan bantuan teknologi kepada para petani di Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Hal itu dilakukan guna meningkatkan produksi bawang merah di daerah tersebut.

"Tim dari USU berusaha meningkatkan pendapatan petani bawang merah dengan aplikasi hormon tumbuh dan usaha pembibitan kepada petani yang ada di Siborongborong," ucap Ketua LPPM USU Tavi Supriana dalam keterangannya, mengutip laman USU, Minggu (20/9/2020).

Baca juga: IPB Diminta Kembangkan Singkong dan Sagu di Lahan 32 Ribu Hektar

Demi menyukseskan langkah itu, kata Tavi, pihak USU menggandeng Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Sinur, Kecamatan Siborongborong. Kegiatan itu terdiri dari sosialisasi budidaya tanaman bawang merah, pengenalan hormon tumbuh dan pelatihan metode aplikasi hormon) serta pemberian bantuan berupa bibit bawang merah berkualitas dan hormon tumbuh.

"Seluruh agenda dan pemberian bantuan telah dilaksanakan di gedung Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Sinur, Siborongborong," ungkap Tavi.

Karena situasi pandemi Covid-19 belum mereda, sambung Tavi, jumlah peserta (petani) yang mengikuti acara dibatasi. Tentunya pelaksanaan dengan melaksanakan protokol kesehatan secara ketat yang telah diatur oleh pemerintah, hal itu demi menghindari penyebaran virus Covid-19.

Petani termotivasi jadi wirausaha

Adapun hasil dari bantuan yang diberikan USU kepada petani, dia menyebutkan, petani lebih termotivasi untuk membudidayakan bawang. Petani juga lebih termotivasi untuk menjadi wirausaha.

Baca juga: IPB-Kemnaker Tingkatkan Kualitas Petani lewat Tenaga Ahli

"Itu yang kita peroleh, jadi mereka semakin terdorong untuk melakukan usaha pembibitan bawang merah dan memahami rantai pemasaran bibit bawang merah yang lebih efisien," pungkas dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X