Kemendikbud Buka Kembali Layanan ULT Tatap Muka

Kompas.com - 07/09/2020, 10:23 WIB
Ilustrasi layanan Uber UberIlustrasi layanan Uber

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) membuka kembali layanan tatap muka Unit Layanan Terpadu (ULT) untuk masyarakat, setelah beberapa bulan dilayani secara daring karena dampak pandemi Covid-19.

Dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dalam mencegah penyebaran Covid-19, ULT Kemendikbud resmi dibuka layanannya kembali secara tatap muka per hari ini, Senin, 7 September 2019.

Baca juga: Simak 10 Layanan Kemendikbud pada PJJ di Masa Pandemi

"Layanan tatap muka ULT dibuka kembali. Saya mohon kepada semua pihak untuk menaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan dan juga prosedur operasional standar (POS) terkait pembukaan ULT di masa pandemi COVID-19 secara tatap muka," kata Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud Evy Mulyani dalam keterangan resmi, seperti dilansir dari laman Kemendikbud.

Layanan terbaik bagi masyarakat

Dia juga mengimbau kepada petugas layanan agar memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, seperti yang terjadi sebelum pandemi Covid-19.

"Apabila kita semua mengikuti protokol dengan maksimal, saya yakin kita semua akan selamat. Dan kami bisa memberikan layanan terbaik untuk publik," jelasnya.

Demi memantau situasi dan kondisi di masa pandemi ini, lanjut dia, akan dipantau dan evaluasi secara reguler dan intensif.

Masyarakat, bilang dia, bisa mendaftar pelayanan ULT terlebih dahulu pada pukul 08.00-09.00 WIB di hari Senin hingga Jumat. Adapun masa layanan ULT di masa pandemi Covid-19 ini menjadi pukul 09.00-12.00 WIB di hari Senin-Kamis, sedangkan di hari Jumat pada pukul 08.30-11.30 WIB.

"Ini dilakukan demi menghindari terjadinya kerumunan, pengunjung juga dibatasi menjadi 50 orang (maksimal) untuk setiap harinya," tutur dia.

Evy menegaskan, petugas yang bekerja melayani ULT Kemendikbud ini dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD), seperti masker, pelindung muka (face shield), dan sarung tangan. Pelayanan ULT ini juga akan menjalankan prosedur pengecekan suhu terlebih dahulu bagi petugas maupun pengunjung.

"Di lokasi layanan ULT juga disediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer," sebutnya.

Baca juga: Evaluasi 6 Bulan Pandemi Covid-19, Ini Hal yang Sudah Dilakukan Kemendikbud

Adapun jenis layanan ULT tatap muka di masa pandemi Covid-19, seperti Bantuan Pemerintah, Tunjangan Profesi Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar (Dikdas), Pendidikan Menengah (Dikmen), dan Tenaga Pendidik (Tendik).

Kemudian ada juga layanan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Data Pokok Pendidikan (Dapodik).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X