Kompas.com - 27/08/2020, 05:44 WIB
Ilustrasi vitamin C NatchaSIlustrasi vitamin C
|

KOMPAS.com - Masa pandemi Covid-19 di Indonesia belum berakhir. Sampai saat ini, jumlah orang yang terjangkit virus tersebut masih banyak.

Sebagai upaya pencegahan, setiap orang harus terus meningkatkan daya tahan tubuhnya. Salah satunya dengan mengonsumsi vitamin C.

Akademisi di Sekolah Farmasi ITB, Prof. Dr. Elin Yulinah Sukandar mengatakan, untuk orang tanpa gejala (OTG) dengan gejala ringan, vitamin C dapat dikonsumsi sebanyak 3x100 mg per hari selama 14 hari.

Baca juga: Guru Besar UGM: Ini 9 Senyawa Meningkatkan Sistem Imun saat Pandemi

Sedangkan bagi gejala sedang dan berat, dibutuhkan 400 mg per hari melalui infus selama perawatan oleh tenaga medis.

"Namun, pada kondisi tertentu konsumsi vitamin C yang berlebih dapat menyebabkan efek samping," ujarnya seperti dikutip dari laman resmi ITB, Selasa (25/8/2020).

Efek samping itu antara lain:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • batu ginjal
  • diare
  • pirai atau rebound scurvy

Selain vitamin c

Vitamin lainnya yang dapat dimanfaatkan adalah vitamin D, vitamin E, vitamin B kompleks (B1, B2, niasin, B6, B12, dan asam pantotenat), dan vitamin A.

"Selain vitamin, mineral juga dibutuhkan oleh tubuh. Zink, merupakan salah satu contoh mineral yang memiliki khasiat untuk menghambat replikasi RNA dan meningkatkan pertahanan tubuh serta fagositosis," katanya.

"Mineral lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh adalah selenium dan kalsium. Selain vitamin dan mineral, herbal juga dapat bermanfaat," imbuhnya.

Hal itu disampaikan Prof. Elin dalam webinar Sekolah Farmasi ITB dari Kelompok Keilmuan Farmakologi-Farmasi Klinik, beberapa waktu lalu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.