Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/08/2020, 13:37 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Program Vokasi Universitas Brawijaya (UB) masih membuka pendaftaran mahasiswa baru Program Sarjana Terapan (D4) dan Program Ahli Madya (D3) jalur rapor 2020.

"Hai, para pejuang #TemanUB2020! Program Vokasi membuka pendaftaran mahasiswa baru jalur rapor nih! Ada 2 Program Sarjana Terapan dan 3 Program Ahli Madya yang bisa #TemanUB pilih. Sudah h-7 batas akhir pendaftaran nih. Jangan sampai terlewat ya!" tulis akun Instagram UB, Selasa (25/8/2020).

Seleksi Mandiri Program Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya (SMPV UB) merupakan seleksi masuk yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Brawijaya.

Merangkum laman UB, Seleksi dilaksanakan berdasarkan nilai rapor serta prestasi akademik dan non-akademik sesuai ketentuan.

Baca juga: Jadwal dan Cara Daftar KIP Kuliah Jalur Mandiri PTN dan PTS 2020

Di tahun 2020, UB masuk dalam 15 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang masuk dalam kluster satu perguruan tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Dalam menentukan klusterisasi perguruan tinggi, aspek yang dinilai antara lain input, penerimaan mahasiswa, input proses pembelajaran, proses yang terjadi dalam pendidikan, Tri Dharma perguruan tinggi, output dari perguruan tinggi tersebut, hasil penelitian, paten, hingga hilirisasi hasil riset.

Berikut informasi seputar pendaftaran program vokasi Universitas Brawijaya:

Jadwal

  • Pembayaran pendaftaran: 18 Agustus (jam 13.00 WIB) hingga 2 September 2020
  • Pengisian data pendaftaran dan finalisasi: 18 Agustus (jam 13.00 WIB) hingga 3 September 2020
  • Pengumuman hasil seleksi: 7 September 2020

Baca juga: Beasiswa S1 Tanoto Foundation, dari Biaya Kuliah hingga Tunjangan Bulanan

Persyaratan

1. Warga Negara Indonesia (WNI).

2. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2018, 2019 dan 2020.

  • Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2018 dan 2019 harus sudah memiliki ijazah.
  • Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2020 yang belum memiliki ijazah maka wajib memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah. Surat Keterangan Lulus sekurang-kurangnya memuat informasi identitas diri dan foto berwarna terbaru yang bersangkutan, serta disahkan oleh sekolah (stempel terkena foto).

3. Bagi lulusan Sekolah di Luar Negeri harus memiliki surat penyetaraan ijazah dari Kemendikbud.

4. Memiliki NISN yang terdaftar NPSN.

5. Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

Baca juga: 10 Prodi Saintek dan Soshum dengan Nilai UTBK Tertinggi di SBMPTN 2020

Pilihan bidang minat

1. Setiap peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) bidang minat pada program studi.

2. Urutan pilihan menunjukkan prioritas.

3. Bagi pendaftar yang memilih bidang minat pada jenjang Sarjana Terapan pada pilihan ke-1 maka pada pilihan ke-2 dan ke-3 dapat memilih bidang minat pada jenjang Sarjana Terapan dan Ahli Madya.

4. Bagi pendaftar yang memiliki bidang minat pada jenjang Ahli Madya (D III) pada pilihan pertama maka pada pilihan ke-2 dan ke-3 hanya dapat memilih bidang minat pada jenjang Ahli Madya (DIII) dan tidak diperkenankan memilih Sarjana Terapan (D IV).

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini 6 Soft Skill yang Wajib Dikuasai Saat Kuliah

Pendaftaran

Informasi lengkap program studi, biaya pendaftaran, dan mekanisme pendaftaran dapat dilihat melalui laman https://selma.ub.ac.id/en/penerimaan-mahasiswa-baru-program-pendidikan-vokasi-melalui-jalur-seleksi-mandiri-menggunakan-nilai-rapor-tahun-2020/ 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com