Kompas.com - 25/08/2020, 12:40 WIB

KOMPAS.com – Head of Leadership Development and Scholarship Tanoto Foundation Aryanti Savitri mengatakan, pihaknya resmi membuka program Teladan yang disiapkan untuk menciptakan para pemimpin Indonesia di masa depan.

“Mereka yang terpilih mengikuti program ini disiapkan untuk mampu menjadi pemimpin yang hebat dan peduli, serta mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitarnya dan terutama bagi Indonesia,” ujarnya seperti keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (25/8/2020).

Dia menjelaskan, program Teladan dari Tanoto Foundation merupakan program pengembangan kepemimpinan yang diberikan kepada mahasiswa Indonesia guna melahirkan calon pemimpin masa depan yang bertanggung jawab.

Melalui program ini, peserta tidak hanya akan menerima beasiswa, namun mereka juga akan mendapatkan pelatihan kepemimpinan.

Baca juga: Tanoto Foundation Buka Beasiswa Teladan, Siapkan Pemimpin Masa Depan

Pelatihan ini pun ditujukan untuk membentuk mereka menjadi pemimpin yang memiliki pengaruh positif bagi komunitas dan lingkungan kerjanya secara berkesinambungan.

Selama ini, program Teladan berhasil memperoleh respons positif dari para pendaftar. Tahun lalu, tercatat hampir 10.000 mahasiswa mengirimkan aplikasi pendaftaran melalui situs www.tanotofoundation.org.

Agar terpilih dalam Program Teladan, pendaftar harus melewati tiga tahapan seleksi, yaitu seleksi administrasi, asesmen potensi kepemimpinan, dan wawancara.

Mereka pun bersaing ketat agar terpilih menjadi penerima program Teladan Tanoto Foundation.

Baca juga: Hadiri Virtual Tanoto Scholars Gathering, Dirjen Pendidikan Tinggi Bicara Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka

Mahasiswa yang terpilih atau disebut sebagai Tanoto Scholars, akan menerima program pengembangan kepemimpinan terstruktur, program pengalaman global termasuk belajar ke luar negeri, serta pengembangan karier dan kepemimpinan yang ekstensif.

Mereka juga mendapat dukungan biaya kuliah 100 persen dan tunjangan bulanan yang dibayarkan sejak dikukuhkan hingga semester VIII.

Hingga saat ini, program beasiswa dan kepemimpinan Tanoto Foundation telah memberikan manfaat kepada 7.650 mahasiswa dari perguruan tinggi mitra di seluruh Indonesia.

Adapun, pendaftaran dibuka mulai Senin-Rabu, 24 Agustus-30 September 2020. Sampai saat ini, para pendaftar adalah mahasiswa semester pertama di sembilan perguruan tinggi (PT) mitra.

Baca juga: Beasiswa S1 Tanoto Foundation, dari Biaya Kuliah hingga Tunjangan Bulanan

PT tersebut, yakni Universitas Sumatera Utara, Universitas Andalas, Universitas Riau, Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Brawijaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.