Lulus SBMPTN 2020, Ini Prosedur Registrasi Calon Mahasiswa Baru UGM

Kompas.com - 16/08/2020, 11:49 WIB
Universitas Gadjah Mada (UGM) ShutterstockUniversitas Gadjah Mada (UGM)
|

KOMPAS.com - Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN) 2020 telah diumumkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT) pada, Jumat (14/8/2020).

Tahun ini, calon mahasiswa baru yang lulus seleksi SBMPTN 2020 sebanyak 167.653 orang peserta.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Tim Pelaksana LTMPT Prof. Mohammad Nasih dalam Konferensi Pers Pengumuman Hasil SBMPTN 2020 secara virtual, Jumat (14/8/2020) siang.

Tapi setelah pengumuman, apa yang harus dilakukan oleh calon mahasiswa baru yang dinyatakan lulus seleksi? Tentu saja adalah proses pendaftaran ulang.

Baca juga: Ini 10 Prodi Soshum dengan Nilai UTBK Tertinggi di SBMPTN 2020

Melansir laman resmi Universitas Gadjah Mada ( UGM), berikut ini prosedur registrasi bagi calon mahasiswa baru yang lulus seleksi SBMPTN 2020 di UGM:

Untuk prosedurnya tertuang dalam Pengumuman Nomor: 4870/UN1.P/DIR-PP/TM/2020. Ini tentang Prosedur Registrasi Calon Mahasiswa Baru Program Sarjana Universitas Gadjah Mada Jalur SBMPTN Tahun Akademik 2020/2021.

Dalam pengumuman itu, calon mahasiswa program sarjana UGM yang lulus seleksi jalur SBMPTN wajib mempersiapkan sejumlah dokumen guna keperluan registrasi, antara lain:

1. Mempersiapkan dokumen:

Foto berwarna terbaru (yang diambil dalam 6 bulan terakhir), berpakaian formal dengan wajah menghadap kamera berukuruan 200-800 kb (dengan format .jpg).

Hasil pemindaian (scan) dari:

  • Kartu peserta UTBK-SBMPTN 2020 asli.
  • Kartu Keluarga asli.
  • KTP asli kedua orang tua/wali atau surat keterangan kematian apabila salah satu atau kedua orangtua telah meninggal dunia (apabila ada).
  • Surat Pernyataan tentang Kesediaan Menaati Peraturan Akademik dan Tata Perilaku Mahasiswa UGM.
  • Hasil Pemeriksaan Laboratorium untuk mengetahui kandungan zat-zah dalam tubuh calon mahasiswa.
  • Bukti Pemotongan Pajak Penghasilan (apabila ada) atau Surat pernyataan terkait pajak.
  • Slip gaji (apabila ada) atau Surat Pernyataan tentang Penghasilan orangtua/wali.
  • Bukti pembayaran PBB terakhir (jika mempunyai).
  • Kartu Perlindungan Kesehatan (Kartu BPJS atau Kartu Indonesia Sehat atau Kartu Asuransi Kesehatan lainnya, jika memiliki).

Beberapa dokumen hasil pindai ini disimpan dalam bentuk format .pdf dengan ukuran 200-800 kb per-dokumen. Kemudian, calon mahasiswa diminta mempersiapkan foto rumah:

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X