Mendorong Peran Dinas Pendidikan pada Era New Normal Pendidikan

Kompas.com - 30/07/2020, 11:34 WIB
Ilustrasi Belajar dari Rumah
DOK. TANOTO FOUNDATIONIlustrasi Belajar dari Rumah

Oleh: Sutadi, S.Pd, M.Si | Sekretaris Disdikbud Kendal, Jawa Tengah

KOMPAS.com - Berdasarkan Kalender Pendidikan tahun 2020/2021 tahun ajaran baru resmi dimulai 13 Juli 2020 lalu.

Sesuai dengan penjelasan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tidak berarti hari pertama masuk sekolah merupakan hari pertama siswa mengikuti tatap muka di sekolah.

Kondisi pandemi Covid-19 ini memaksa sekolah untuk berkreasi dalam melaksanakan belajar dari rumah (BDR). Agar pelaksanaan BDR dapat berjalan optimal, Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal memberikan dukungan kepada sekolah.

Berikut beberapa strategi yang telah dilakukan dan dapat menjadi role model Dinas Pendidikan kota dan kabupaten lain:

1. Kesiapan guru penggerak

Untuk memberikan contoh kepada para guru dalam pelaksanaan BDR yang baik, kami melibatkan para guru penggerak. Sebelumnya para guru diundang untuk mendaftar menjadi guru penggerak.

Mereka yang terpilih akan dilatih untuk bisa menerapkan praktik baik BDR dan membagikan pengalamannya kepada para guru lainnya.

Baca juga: Strategi Membangun Kerja Sama Sekolah dan Orangtua di Tahun Ajaran Baru

Sejak 2018, Kendal sudah ada 32 guru dan kepala sekolah penggerak yang menjadi fasilitator Program Pintar Tanoto Foundation. Mereka yang mengawali pelaksanaan program ini.

Sampai Juli 2020, sudah terpilih 103 guru penggerak baru dan dilatih dalam mengembangkan pembelajaran jarak jauh.

Mereka difasilitasi untuk dapat mempraktikkan pembelajaran aktif walaupun dilaksanakan secara jarak jauh, dan membagikan pengalamannya kepada guru-guru lainnya melalui laman Kendal Pintar Berbagi.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X