Jalur Mandiri Unair Segera Dibuka, Bisa Tanpa Nilai UTBK

Kompas.com - 17/07/2020, 10:01 WIB
Universitas Airlangga Dok. UnairUniversitas Airlangga

KOMPAS.com - Universitas Airlangga ( Unair) akan segera membuka pendaftaran seleksi masuk Unair melalui jalur mandiri yang terbagi atas dua kelompok.

Hal tersebut disampaikan oleh Rektor Unair Prof. Moh Nasih saat menggelar konferensi pers pada Selasa (14/7/2020) di Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Unair.

Merangkum dari laman Unair, Prof Nasih mengungkapkan, dua kelompok jalur Mandiri Unair yang dimaksud yaitu Mandiri Kemitraan dan Mandiri Reguler.

Baca juga: Pendaftaran Jalur Mandiri IPB Dibuka, Tanpa Syarat Nilai UTBK

Jalur Mandiri Reguler tak gunakan nilai UTBK

Mandiri Reguler, lanjut Prof Nasih, ditujukan untuk mengakomodir siswa yang karena alasan tertentu tidak dapat mengikuti UTBK.

Sehingga, siswa tetap mendapatkan kesempatan untuk mendaftar ke Unair melalui jalur Mandiri Reguler dengan jadwal tes dan mekanisme pendaftaran sesuai yang ditetapkan oleh PPMB Unair.

Sedangkan Jalur Mandiri Kemitraan, Prof. Nasih menjelaskan, jalur tersebut merupakan jalur yang menggunakan nilai UTBK dan ditujukan untuk mitra Unair.

“Mandiri Kemitraan prinsipnya diperuntukkan bagi mitra Unair, baik perusahaan, institusi, atau yayasan, untuk mendaftarkan putra putri dari karyawan mereka,” terang Prof Nasih.

Baca juga: Pendaftaran KIP Kuliah Jalur Mandiri PTS Dibuka, Ini Link dan Cara Daftar

Pada program Mandiri Kemitraan ini, lanjutnya, diharapkan SP3 atau Uang Kuliah Awal (UKA) akan dibayarkan oleh perusahaan.

Sementara untuk Uang Kuliah Tunggal (UKT) atau Uang Kuliah Semester (UKS), tetap dibayarkan oleh orang tua atau mahasiswa yang bersangkutan.

Hal ini diharapkan menjadi solusi berimbang antara Unair dengan mitra. Sebab, kerja sama dapat berlangsung sepanjang mahasiswa melangsungkan studi.

Misalnya, untuk keperluan magang dan penempatan kerja mahasiswa ketika lulus nantinya. Sehingga waktu tunggu lulusan tidak terlalu lama.

Baca juga: 8 Kampus Terbaik Indonesia di Pemeringkatan Dunia QS WUR 2021

“Model kemitraan ini kita harapkan dapat mempercepat proses Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Sehingga mitra akan bersama dengan UNAIR untuk melakukan banyak hal,” papar Prof Nasih.

Pendaftaran

Pendaftaran jalur Mandiri Unair akan dibuka pada 20 Juli mendatang. Peserta dapat memantau segala jadwal dan persyaratan pada laman PPMB Unair di tautan http://ppmb.unair.ac.id/ 



Sumber UNAIR News
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X