Kompas.com - 22/06/2020, 15:59 WIB
Andalan Nasional Kwarnas Pramuka Dedi Wibowo (Humas BNPB / Dume Harjuti Sinaga)Andalan Nasional Kwarnas Pramuka Dedi Wibowo

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang sedang melanda Indonesia membuat Kwartir Nasional organisasi yang mengelola Gerakan Pramuka Nasional turut menurunkan anggotanya terlibat dalam penanganan Covid-19.

Andalan Nasional Kwarnas Pramuka Dedi Wibowo menjelaskan Kwarnas Pramuka menurunkan 2.000 anggota Pramuka dan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Peduli Covid-19.

"Ada satgas pramuka peduli Covid-19 sebanyak 2.000 orang se-Indonesia, dari Sabang sampai Marauke, " ujar Dedi dikutip dari BNPB (20/6/2020).

Satgas tersebut bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam penanganan Covid-19. Selain itu, juga untuk sosialisasi protokol kesehatan, menyemprotkan disinfektan pada fasilitas umum dan memberikan donasi kepada masyarakat.

Baca juga: Jangan Sering Ajak Anak Pergi di Situasi Pandemi Covid-19

Tunda kegiatan nasional

"Kami mendukung pemerintah dalam penanganan Covid-19 dan telah berkolaborasi dengan BNPB dan BPBD di daerah dalam melakukan kegiatan, selain itu kami ikut mensosialisaikan adaptasi kebiasaan baru dan juga memberikan alat pelindung diri serta masker,' ungkap Dedi.

Dedi menjelaskan, dengan adanya pandemi Covid-19, banyak kegiatan berskala nasional yang ditunda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Beberapa kegiatan perkemahan skala nasional antara lain perkemahan Bela Negara, Wirakarya, Bakti Saka Bhayangkara dan Antar Satuan Pramuka kami tunda, itu merupakan kegiatan yang penting bagi kami tapi kami tunda hingga situasi membaik," ucap Kak Dedi sapaan akrabnya.

Dedi mengimbau, Pramuka bisa menjadi agen perubahan tidak hanya untuk melakukan protokol kesehatan pada diri mereka sendiri, namun untuk keluarga mereka hingga lingkungan yang lebih luas lagi.

"Anggota Pramuka diharapkan dapat mensosialisasikan kepada orangtuanya, adik kakak dan secara berjenjang akan berlanjut pada komunitas yang lebih besar," kata Dedi.

Displin protokol kesehatan

Dedi mengingatkan, anggota Pramuka harus melakukan tiga hal, yaitu disiplin terkait protokol kesehatan, hidup bersih dan menjaga keselamatan diri sendiri.

"Tiga hal yang harus dilakukan anggota Pramuka, disiplin terkait protokol kesehatan, hidup bersih dan menjaga keselamatan diri sendiri" ucap Kak Dedi

Ia melanjutkan "Ketika kita akan membantu orang lain, tentunya kita harus menyelamatkan diri sendiri dengan memiliki pengetahuan dan kemampuan dasar," tutup Dedi.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X