PPI Siap Gelar "Ambassadors and Young Leaders Week", Jawab Tantangan Ketidakpastian

Kompas.com - 22/06/2020, 12:26 WIB
Ambassador and Young Leader Week PPI 2020 DOK. PPIAmbassador and Young Leader Week PPI 2020

Oleh: Hafizd Alharomain Lubis

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 melahirkan tantangan baru bagi Indonesia di tengah ketidakpastian global. Salah satunya, hal ini menempatkan Indonesia di ambang krisis ekonomi.

Kenaikan angka pengangguran, kemiskinan, dan penanganan terhadap dampak juga membuat utang Indonesia membengkak. Bank Dunia mencatat rasio utang Indonesia meningkat dari 28 persen menjadi 31,4 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) pada 2020.

Dalam upaya menjawab tantangan di tengah ketidakpastian ini ada dua aspek yang perlu didorong, yaitu kolaborasi dan kualitas SDM.

“Kolaborasi itu kunci untuk tetap bisa memajukan Indonesia menjadi negara yang besar. Kolaborasi bisa melalui organisasi internasional, kerjasama regional, bilateral dan sebagainya," jelas Iksan Kiat, Koordinator Pusgerak PPI Dunia.

Baca juga: 8 Rekomendasi PPI dari 57 Negara untuk Pemerintah Tangani Corona

Libatkan dubes, alumni dan BEM

"Tidak kalah penting, kami juga percaya sebuah negara perlu memiliki mayoritas rakyat yang berpendidikan dan berpengalaman dalam hal kepemimpinan, Iptek, dan moralitas, agar dapat memaksimalkan peluang interaksi global untuk melindungi diri, mengatasi berbagai masalah, dan bangkit dengan cepat dari situasi-situasi kritis," ujarnya. 

Pada 24-30 Juni 2020, PPI Dunia akan menggelar live streaming melaui kanal Youtube menginisiasi wadah kajian khusus terkait dua aspek ini, sebagai bentuk kontribusi pada negeri.

Harapannya, hal ini dapat menstimulasi kesadaran masyarakat pentingnya berpikir, bersaing, dan berkarya global sekaligus berbagi ilmu yang diperoleh dari luar negeri ke Indonesia dan sebaliknya.

“Ini merupakan acara pertama kali dalam sejarah PPI Dunia dimana kita menghadirkan Duta Besar, Ketua PPI Negara, Ketua BEM Indonesia, serta para Alumni PPI Dunia didalam satu rangkaian acara yang dinamakan Ambassadors and Young Leaders Week,” ujar Zacky Makarim, Ketua Panitia Ambassadors and Young Leaders Week.

Beberapa Duta Besar Indonesia diundang untuk hadir sebagai representasi dari beberapa negara, antara lain; Jepang, Korea Selatan, Australia, Selandia Baru, Rusia, Saudi Arabia, Amerika Serikat, China, Republik Ceko, Italia, AlJazair, dan Polandia.

Selain itu, akan turut hadir pula dubes Indonesia untuk Jordan, Palestina, Turki, Suriah, India, Thailand, Filipina, Malaysia dan Singapura, serta representasi Indonesia di Geneva dan New York.

Rekomendasi untuk pemerintah

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X