Kompas.com - 22/06/2020, 06:00 WIB

KOMPAS.com - Sebanyak 702.927 siswa akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020.

Jumlah tersebut berdasarkan data akhir pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 yang dirilis oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT).

"selamat berjuang kepada 702.927 Siswa yang telah menyelesaikan proses pendaftaran sampai cetak kartu," tulis LTMPT dalam akun Instagram.

Panitia LTMPT meminta para siswa untuk mempersiapkan diri dengan optimal. Selain itu, panitia LTMPT juga meminta untuk menjaga kesehataan agar tetap prima.

"Semangat, Calon Mahasiswa Indonesia!," tambah LTMPT.

Adapun jumlah peserta yang memilih pusat tes UTBK sebanyak 706.327 siswa. Dari jumlah ini terdapat selisih 3.400 siswa yang tak melanjutkan pendaftaran hingga cetak kartu.

Jumlah 702.927 siswa yang akan melakukan tes UTBK-SBMPTN 2020 terdiri dari 557.125 siswa peserta reguler dan 145.802 peserta Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah.

Baca juga: Pendaftaran UTBK-SBMPTN Ditutup, Bagaimana Peserta yang Belum Cetak Kartu?

UTBK-SBMPTN 2020 dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 5-12 Juni 2020. Pelaksanaan akan tersebar di 74 kota di Indonesia.

Pada UTBK-SBMPTN 2020, siswa akan menempuh tes berupa Tes Potensi Skolastik atau TPS.

Materi UTBK Tes Potensi Skolastik (TPS) ditujukan untuk mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Dalam TPS, berikut adalah sejumlah kemampuan yang akan diujikan: Kemampuan penalaran umum Kemampuan kuantitatif Pengetahuan dan pemahaman umum Kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Materi terkait dengan kemampuan kuantitatif akan mencakup pengetahuan dan penguasaan Matematika dasar.

Selain itu, pada TPS, sebagian soal akan disajikan dalam Bahasa Inggris.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.