Kompas.com - 21/06/2020, 09:35 WIB
Sekolah PAUD Arafah Islamic Village, Tangerang, menggelar seremoni kelulusan dengan menerapkan protokol covid 19 yakni ?Graduation Drive Thru? (20/6/2020). DOK. PAUD ARAFAHSekolah PAUD Arafah Islamic Village, Tangerang, menggelar seremoni kelulusan dengan menerapkan protokol covid 19 yakni ?Graduation Drive Thru? (20/6/2020).

KOMPAS.com – Seremoni kelulusan memiliki arti khusus bagi siswa dan juga orangtua sebagai perayaan syukur dan kegembiraan naik ke jenjang lebih tinggi. Oleh karenanya, meski di tengah pandemi covid-19, beragam kreatifitas dilakukan untuk menggelar "graduation" ini.

Salah satu lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Tangerang melakukan kegiatan kelulusan tidak biasa.

Sekolah PAUD Arafah Islamic Village, Tangerang, menggelar seremoni kelulusan dengan menerapkan protokol covid 19 yakni “Graduation Drive Thru” (20/6/2020).

Layaknya layanan Drive Thru restoran siap saji, siswa didik dan orang tua mengambil hasil pembelajaran menggunakan kendaraan masing-masing.

Terapkan protokol kesehatan

“Alhamdulillah PAUD Arafah menggelar wisuda hari ini dengan meminimalisir kontak antara peserta, baik peserta didik, guru maupun orangtua," jelas Silmy Kaffa Destifa, Kepala Sekolah.

Baca juga: Sekolah Ini Ganti Perayaan Kelulusan dengan Donasi Warga Terdampak Covid-19

Ia menambahkan, "tentu ini tidak biasa, namun kami mencoba menemukan cara terbaik mengabadikan momen pesial anak-anak didik kami.”

Dalam kegiatan tersebut, peserta wisuda melewati sejumlah ‘check point‘  terdiri dari pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermometer. Kemudian di pos selanjutnya mengambil surat keterangan hasil belajar dan berkas pembelajaran yang diserahkan langsung kepala sekolah.

Di pos ketiga peserta wisuda diambil foto dengan penyematan pelindung wajah (face shield) yang dibuat sesuai dengan ukuran anak-anak. Terakhir para siswa mendapatkan bingkisan dan cinderamata sekolah.

Meski dilakukan secara drive thru, orangtua dan guru menggunakan masker atau face shield dan peserta wisuda tetap menjalani seluruh prosesi dengan serius.

Setiap peserta masing-masing menghabiskan waktu kurang dari 15 menit dalam proses tersebut dari mulai hingga pulang. Pihak sekolah menghindarkan kerumunan dan interaksi intensif.

Kegembiraan siswa dan orangtua

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.