Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

"Wisuda Drive Thru”, PAUD Ini Rayakan Kelulusan Minimkan Kontak langsung

KOMPAS.com – Seremoni kelulusan memiliki arti khusus bagi siswa dan juga orangtua sebagai perayaan syukur dan kegembiraan naik ke jenjang lebih tinggi. Oleh karenanya, meski di tengah pandemi covid-19, beragam kreatifitas dilakukan untuk menggelar "graduation" ini.

Salah satu lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Tangerang melakukan kegiatan kelulusan tidak biasa.

Sekolah PAUD Arafah Islamic Village, Tangerang, menggelar seremoni kelulusan dengan menerapkan protokol covid 19 yakni “Graduation Drive Thru” (20/6/2020).

Layaknya layanan Drive Thru restoran siap saji, siswa didik dan orang tua mengambil hasil pembelajaran menggunakan kendaraan masing-masing.

Terapkan protokol kesehatan

“Alhamdulillah PAUD Arafah menggelar wisuda hari ini dengan meminimalisir kontak antara peserta, baik peserta didik, guru maupun orangtua," jelas Silmy Kaffa Destifa, Kepala Sekolah.

Ia menambahkan, "tentu ini tidak biasa, namun kami mencoba menemukan cara terbaik mengabadikan momen pesial anak-anak didik kami.”

Dalam kegiatan tersebut, peserta wisuda melewati sejumlah ‘check point‘  terdiri dari pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermometer. Kemudian di pos selanjutnya mengambil surat keterangan hasil belajar dan berkas pembelajaran yang diserahkan langsung kepala sekolah.

Di pos ketiga peserta wisuda diambil foto dengan penyematan pelindung wajah (face shield) yang dibuat sesuai dengan ukuran anak-anak. Terakhir para siswa mendapatkan bingkisan dan cinderamata sekolah.

Meski dilakukan secara drive thru, orangtua dan guru menggunakan masker atau face shield dan peserta wisuda tetap menjalani seluruh prosesi dengan serius.

Setiap peserta masing-masing menghabiskan waktu kurang dari 15 menit dalam proses tersebut dari mulai hingga pulang. Pihak sekolah menghindarkan kerumunan dan interaksi intensif.

Rahma Febrina, salah satu orangtua menyampaikan kegiatan pembagian raport ini sangat seru sekali. Kayla anaknya bersemangat dari sehari sebelumnya setelah diberi tahu bahwa akan diadakan pembagian raport.

Pagi setelah Mandi Kayla langsung pakai seragamnya sendiri dan menunggu dengan sabar orang tuanya untuk bersiap-siap. Konsep acaranya well prepared, sistem baru dari new normal memang tidak bisa dibagikan rapot secara tatap muka.

“Malah seru karena selama masa pandemi Kayla dirumah aja jadi tadi bisa dianggap hiburan jalan-jalan ketemu teman dan bunda-bunda guru juga. Saya lihat kayla senang sekali hari ini” ujarnya.

https://www.kompas.com/edu/read/2020/06/21/093559271/wisuda-drive-thru-paud-ini-rayakan-kelulusan-minimkan-kontak-langsung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke