Kompas.com - 09/06/2020, 21:27 WIB
UTBK-SBMPTN 2020 KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoUTBK-SBMPTN 2020

KOMPAS.com - Sebanyak 493.440 siswa telah menyelesaikan pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 hingga Selasa 9 Juni 2020 pukul 20.00 WIB.

Jumlah tersebut juga menandakan siswa sudah mencetak kartu tanda peserta dan siap menempuh UTBK-SBMPTN 2020.

Data Statistik Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 tersebut dirilis oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang diterima Kompas.com.

"Setelah cetak kartu, (peserta) secara berkala lihat informasi terbaru di LTMPT," kata Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT) Prof. Budi Prasetyo kepada Kompas.com.

Jumlah yang telah mencetak kartu ujian UTBK-SBMPTN 2020 terdiri dari 385.774 siswa yang membayar dan 107.666 siswa pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Sementara total siswa yang telah memilih pusat UTBK-SBMPTN 2020 sebanyak 598.528 siswa.

Selanjutnya, LTMPT mengingatkan agar pengisian data sudah benar, termasuk pilihan pusat UTBK dan data disabilitas (tunanetra/tunadaksa). Jika sudah simpan permanen (cetak kartu) data sudah tidak dapat diubah lagi.

LTMPT resmi membuka pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 pada 2 Juni 2020 hingga 20 Juni 2020.

Baca juga: 7 Langkah Ikuti Try Out Gratis UTBK-SBMPTN 2020 Kompas.com dan Quipper

LTMPT juga berpesan untuk siswa yang belum menyelesaikan proses pendaftaran untuk segera memilih pusat UTBK.

"Disarankan memilih pusat UTBK terdekat/satu kota," tambah Prof. Budi.

Setelah itu, siswa diminta untuk membayar biaya UTBK melalui Bank Mandiri, BNI, atau BTN dengan metode transfer.

Ia menyarankan siswa untuk memilih perguruan tinggi negeri dan program studi yang disenangi dan sesuai dengan kemampuan peserta.

"Verifikasi secara teliti sebelum finalisasi/cetak kartu," ujarnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X