Kompas.com - 02/06/2020, 19:40 WIB
Salah satu sudut di kampus IPB University. DOK.Laman IPB UniversitySalah satu sudut di kampus IPB University.

KOMPAS.com - Dunia pendidikan tak lepas dari dampak wabah pandemi Covid-19. Perguruan tinggi siap tak siap dipaksa untuk beradaptasi untuk belajar secara daring.

Dampak dan pembelajaran terkait kegiatan perkuliahan di masa pandemi Covid-19 turut dirasakan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) University.

Rektor IPB University, Prof. Arif Satria ada sejumlah pembelajaran untuk mendesain rencana pembukaan kampus pasca Covid-19 di era New Normal.

Menurutnya, data dan fakta harus digunakan termasuk pertimbangan bio-risiko sebagai panduan untuk implementasinya.

“Ada beberapa pembelajaran penting yang kami peroleh selama menangani pandemi COVID-19 ini. Yakni pentingnya penguatan infrastruktur digital/IT yang mencakup aspek teknologi digital terkini serta platform pembelajaran online," kata Prof. Arif dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Kemudian pembelajaran lainnya adalah mendorong perubahan pola fikir positif pada kehidupan sehari-hari bagi sivitas akademika. Perubahan sikap dan cara berpikir sivitas akademika menuju normal baru ini diperlukan.

"Terbangunnya kesadaran manajemen risiko dalam menghadapi krisis ini. Menjaga hubungan internasional yang sudah terbangun mencakup aspek mobilitas internasional dan implementasi kemitraan perguruan tinggi," lanjut Prof. Arif.

Baca juga: Akademisi IPB: Agar Pendidikan Vokasi Tak Lagi jadi Pilihan Kedua

Pembelajaran lainnya adalah arah baru pendidikan yang mencakup penguatan skill untuk belajar mandiri/independen serta penguatan modal sosial di lingkungan perguruan tinggi.

Kemudian, Prof. Arif menekankan pentingnya arah baru agenda riset dan pengabdian masyarakat.

Ia menekankan kampus perlu memiliki kecepatan terkait pengambilan keputusan dalam menghadapi implikasi COVID-19 terhadap pendidikan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X