Pilih Politeknik di SBMPTN 2020? Ini Ketentuan dan Daya Tampung Prodi

Kompas.com - 27/05/2020, 15:11 WIB
Pembukaan pembekalan uji kompetensi dan sertifikasi fresh graduate di Politeknik Negeri Jakarta, Depok, Selasa (10/3/2020). Suhaiela Bahfein/Kompas.comPembukaan pembekalan uji kompetensi dan sertifikasi fresh graduate di Politeknik Negeri Jakarta, Depok, Selasa (10/3/2020).

KOMPAS.com - Berbeda dengan aturan pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019. Tahun ini, calon mahasiswa peserta SBMPTN 2020 juga berkesempatan memilih prodi di 8 Politeknik Negeri.

Kalau kamu tertarik mendaftar di politeknik di SBMPTN 2020, sejumlah informasi ini perlu kamu ketahui guna melakukan persiapan yang lebih matang saat pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN 2020 nanti.

Pendaftaran UTBK SBMPTN 2020 sendiri dilakukan secara bersamaan, yakni pada tanggal 2 - 20 Juni 2020. Dalam pendaftaran, peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK, memilih 2 PTN atau politeknik negeri, sekaligus program studi.

Baca juga: KIP Kuliah Jalur SBMPN dan SBMPTN 2020 Dibuka, Ini Alur Pendaftaran

Melansir Rencanamu.id, berikut sejumlah ketentuan bila kamu memilih politeknik di SBMPTN 2020:

1. Ada 8 politeknik negeri yang bekerja sama dengan LTMPT

Politeknik Negeri yang bisa dipilih calon mahasiswa pada SBMPTN 2020, yaitu:

  1. Politeknik Negeri Batam
  2. Politeknik Negeri Bengkalis
  3. Politeknik Negeri Jakarta
  4. Politeknik Negeri Padang
  5. Politeknik Negeri Media Kreatif
  6. Politeknik Negeri Banyuwangi
  7. Politeknik Negeri Jember
  8. Politeknik Pertanian Negeri Samarinda

Sehingga, selain Politeknik Negeri yang disebutkan tersebut tidak bisa dipilih di SBMPTN 2020.

Baca juga: Dibuka, Pendaftaran Beasiswa S1 di 8 Perguruan Tinggi BUMN 2020

2. Prodi yang ditawarkan politeknik peserta SBMPTN 2020 adalah sarjana terapan atau Diploma IV (D4), sehingga prodi D3 tidak termasuk.

3. Proses pendaftaran sama dengan rangkaian SBMPTN secara umum, yakni mendaftar UTBK dan membayar, kemudian memilih prodi politeknik di SBMPTN.

4. Peserta diberikan maksimal 2 pilihan prodi. Jika ingin memilih politeknik maka kedua pilihan harus politeknik. Peserta tidak bisa memilih politeknik sementara pilihan lain adalah PTN (nonpoliteknik).

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X